Cara Membedakan batu akik mata kucing asli dan palsu

Batu akik mata kucing atau sering di kenal dengan sebutan cat eye ini, memang sangat menawan dan begitu unik. Banyak para penggemar dan pecinta batu akik rela berburu batu akik di berbagai daerah dan wilayah seluruh Indonesia.

Batu akik mata kucing memiliki cirikhas yang sangat unik, yaitu pada permukaan batu memilki berkas sinar laksnana mata kucing. Jika permukaan batu kita jatuhkan berkas sinar, maka efek mata kucingnya begitu mempesona, tampak seperti bergerak-gerak, maka tak heran jika batu akik sangat banyak penggemarnya di kalangan masyarakat.

Batu akik mata kucing ini sebenarnya banyak di hasilkan di berbagai Negara seperti, India, Afrika, Brazil, Srilangka dan Indonesia. Dari jenis batuannya, batu mulia mata kucing termasuk dalam golongan batuan chrysoberyl, untuk batuan chrysoberyl yang memiliki efek cat eye, sering di sebut juga dengan batu chrysoberyl cat eye.

Karena keindahan dan kecantikan batu akik mata kucing ini, maka tak heran jika di pasaran banyak kita temukan beragam jenis batu akik mata kucing yang palsu. Bagaimakah cara membedakan antara batu akik mata kucing yang asli dan palsu? Berikut ini kami sajikan ulasan singkatnya

Tips Cara Membedakan batu akik mata kucing asli dan palsu

Pertama, lihat pola mata kucing nya. Karena efek mata kucing merupakan ciri utama dari jenis batu akik ini, maka perhatikan terlebih dahulu motifnya. Bedakan dengan jelas mana yang merupakan jenis mata kucing asli. Biasanya efek mata kucing yang asli, jika kita taruh di tempat yang lebih gelap atau remang-remang maka efek mata kucingnya jauh terlihat lebih jelas di bandingkan dengan yang palsu.

Kedua, lihat serat inklusi nya. Pada batu akik mata kucing asli, serat inklusi ini terlihat begitu alami dan natural. Jika kita masih bingung untuk melihatnya mana yang asli dan bukan, kita bisa meminta bantuan teman yang telah lama malang melintang di dunia perbatuan.

Ketiga, uji laboratorium, tentu untuk membedakan batu mulia atau batu akik yang asli dan yang palsu, cara terbaik adalah dengan uji laboratorium, atau anda bisa juga membeli batu akik mata kucing yang telah di sertai sertifikat uji labnya, walaupun mungkin ini lebih mahal, tapi lebih menentramkan kita.

Itulah ulasan singkat kita tentang Tips Cara Membedakan batu akik mata kucing asli dan palsu, semoga bermanfaat.