Jenis Penyebab Serta Cara Mencegah Batu Ginjal

Cara Hidup Sehat – Batu ginjal adalah sesuatu yang menggumpal serta keras atau membatu atau mengkristal didalam organ ginjal, dan batu ginjal ini berasal dari mineral serta asam garam yang mengkristal, seperti yang di ketahui, ginjal merupakan organ yang menyaring darah dari zat zat yang tidak di perlukan tubuh, sehingga penumpukan zat tersebut dapat menjadi batu ginjal.

Jenis Batu Ginjal

Batu ginjal ada beberapa jenis yaitu :

Batu ginjal yang terjadi akibat tingginya kadar kalsium di dalam urine, dan kasus ini yang paling sering terjadi, penyebab terjadinya hal tersebut biasanya berupa penyakit keturunan, yaitu hiperkalsiuria, dimana akibat penyakit ini pasien melepaskan kalsium yang banyak dalam urine, selain itu juga dapat di sebabkan oleh kelenjer yang memproduksi hormon pengatur kadar kalsium dalam darah bekerja terlalu aktif.

Batu ini terjadi akibat tingginya kadar asam urat dalam urine, penyebab nya tentu dari makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi, contohnya kerang, daging ikan, dan juga jeroan.

Penyebab batu ini adalah infeksi saluran kemih, dan biasanya sudah lama terjadi, dan lebih sering terjadi pada wanita dari pada laki laki, jenis batu ini adalah yang dapat membesar dengan cepat.

Batu ini sebenarnya sangat jarang di temukan, dan biasanya terjadi akibat penyakit sistinuria, dimana akan mempengaruhi pengeluaran asam amino sistin oleh ginjal, sehingga dengan banyaknya asam amino yang keluar dapat membentuk batu ginjal.

Penyebab Terjadinya Batu Ginjal

  • Makanan
  • Kurang mengkonsumsi air putih
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga
  • Obesitas
  • Efek samping obat obatan
  • Efek samping operasi

Pada dasarnya bati ginjal penyebab utamanya berasal dari apa yang kita konsumsi, penumpukan zat yang tidak di perlukan tubuh atau berlebih yang akan menjadi batu ginjal, untuk itu ada beberapa tips atau cara mencegah batu ginjal.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Kandungan yang berlebih atau yang sudah di saring oleh ginjal akan di keluarkan melalui urine, dan jika terlalu banyak tentu dapat beresiko penumpukan zat tersebut hingga akhirnya membatu, ketika urine anda pekat, ada kemungkinan akan terjadi pembatuan, sehingga lebih baik untuk selalu menjaga konsumsi air anda, agar urine tidak terlalu pekat, dan zat tersebut dapat dibuang dari ginjal.

Dalam hal ini lebih tepatnya melakukan aktifitas fisik, menurut penelitian, berjalan kaki 3 jam seminggu atau jogging 1 jam seminggu dapat membantu tubuh anda menangani moneral yang masuk lewat makanan, dan dapat mengurangi resiko anda terkena batu ginjal sebesar 33%.

Fruktosa dalam minuman bersoda dapat membuat kadar kalsium, ekskresi asam urat serta oksalat anda meningkat, menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi minuman bersoda 1 porsi setiap hari beresiko terkena batu ginjal 23% lebih besar dari yang mengkonsumsi minuman bersoda 1 porsi seminggu.

Memang kalsium merupakan salah satu penyebab terjadinya batu ginjal, tetapi menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi kalsium dapat menghindari dari batu ginjal, sebab dapat mencegah oksalat sampai di ginjal dengan cara mengikatnya di usus. tetapi ini dilakukan jika anda tidak mengidap penyakit hiperkalsiuria atau sedang mengalami gangguan kalenjer pengatur kadar kalsium.

  • Teh atau Kopi di Pagi Hari

Menurut penelitian, meminum teh pada pagi hari memiliki resiko 11% lebih rendah terkena batu ginjal, dan peminum kopi tanpa kafein 16 % sedangkan peminum kopi dengan kafein 26% lebih rendah.

  • Mewaspadai sindrom metabolik

Sindrom ini erat kaitannya dengan penyakit berat bahkan kematian, ciri ciri atau tandanya, lemak perut yang berlebih, HDL rendah, tekanan darah tinggi, trigliserida darah yang tinggi, gangguan toleransi glukosa, jika anda memiliki 2 tanda diatas, anda berpotensi 54% beresiko terkena batu ginjal, sedangkan jika memiliki 3 tanda, beresiko 70% terkena batu ginjal.

Jika mengkonsumsi terlalu banyak protein dapat menyebabkan lingkungan yang baik untuk terciptanya batu ginjal, untuk itu sebaiknya kurangi asupan protein anda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis, penyebab serta cara mencegah batu ginjal, semoga bermanfaat, jangan lupa share yaa.

Salam sehat.