Manfaat Tidur Siang Bagi Perkembangan Bayi

Tidur merupakan hal yang penting bagi bayi. Selain untuk istirahat, tidur juga merangsang perkembangan otak dan hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini erat kaitannya dengan pertumbuhan tulang dan jaringan, metabolisme tubuh, dan otak bayi. Disamping itu, hormon pertumbuhan juga ikut berperan dalam memperbaharui seluruh sel yang ada di tubuh. Proses pembaharuan sel ini lebih cepat bekerja saat bayi tertidur. Namun, sering kali saat bayi mulai aktif bergerak, ia mulai susah diminta tidur siang. Sebenarnya apa saja manfaat tidur siang bagi bayi?

Image: Kompas Lifestyle

Berikut ini manfaat tidur siang untuk bayi :

1. Merangsang Proses Pertumbuhan Tubuh

Pada sebuah studi menunjukan anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih baik dibanding anak yang enggan tidur siang. Hal ini dikarenakan hormon pertumbuhan (human-growth hormone) lebih aktif bekerja saat si anak tidur siang. Hormon pertumbuhan ini bekerja sama dengan hormon lain sepertu otot dan tulang untuk proses tumbuh kembang anak.

2. Meningkatkan kemampuan dalam memproses informasi

Penelitian yang dilakukan University of Arizona menyebutkan, pada bayi berumur di atas satu tahun, tidur siang membantu meningkatkan kemampuan dalam mencerna informasi dan mengaplikasikannya. Tidur siang membuat anak tidak terlalu merasa lelah sehingga bisa mencerna dan mengaplikasikan informasi yang ia terima.

3. Mengistirahatkan tubuh

Bila anak sudah mulai aktif bergerak seperti merangkak, biasanya mereka mulai susah diajak diam. Tak hanya tubuh bagian luarnya saja yang bergerak, tetapi juga organ-organ bagian dalamnya. Karena itu, dengan beristirahat siang, maka ia juga mengistirahatkan tubuhnya secara keseluruhan sehingga saat ia bangun, ia akan merasa lebih segar dan aktif kembali.

Bayi dibawah umur dua tahun yang jarang atau kurang tidur siang cenderung lebih stres. Akibatnya mereka beresiko mengalami kesehatan mental saat dewasa nanti. Saat anak kurang tidur siang, ia cenderung mudah rewel, cengeng, sulit diatur, merasa cemas dan menunjukan ketidaktertarikannya pada hal-hal di sekitarnya. Karena itu, untuk menghindarinya, pastikan anak-anak agar lebih teratur tidur siang.

Demikian bunda informasi tentang manfaat tidur siang untuk perkembangan bayi. Semoga memberikan tambahan informasi dan wawasan bunda semua dalam merawat serta menjaga tumbuh kembang anak.