Penyebab Gatal Pada Daerah Kewanitaan Penting Diketahui

Cara Hidup Sehat – Bagi wanita Rasa gatal dan terkadang juga terasa sakit pada area kewanitaan memang sangat mengganggu, terutama jika terjadi ketika di tempat umum. banyak hal yang dapat menyebabkan gatal pada area kewanitaan, bahkan ada yang juga merupakan tanda awal penyakit berbahaya.

untuk itu sangat perlu bagi anda untuk mengetahui penyebab rasa gatal tersebut, agar dapat mengantisipasi atau mengobatinya, sementara cara yang baik atau hal dasar untuk mencegah rasa gatal pada area kewanitaan dapat dengan menerapkan pola hidup bersih dan makan makanan sehat.

inilah beberapa penyebab gatal pada area kewanitaan.

penyakit kulit memang sering terjadi, terutama jika mempunyai gaya hidup yang kurang bersih, seperti eczema, penyakit kulit yang dapat menyebabkan kulit kering, gatal dan menimbulkan nanah, penyakit ini juga bisa menjalar hingga kedaerah kewanitaan, dan dapat menyebabkan gatal pada area tersebut.

salah satu penyebab gatal pada area kewanitaan bisa di sebabkan oleh iritasi, dan pemicu iritasi biasanya berupa benda benda yang sering di pakai, dan ternyata tidak cocok dengan kulit anda , bahan kimia yang ada pada benda tersebut jika tidak cocok dengan anda biasanya akan menyebabkan alergi, berupa gatal dan ruam, hal ini juga bisa terjadi pada area kewanitaan.

diantara benda benda yang tanpa anda sadari sering menyebabkan iritasi pada area kewanitaan adalah, sabun, semprotan untuk daerah kewanitaan, deterjen, alat kontrasepsi, dan bahan pelembut pakaian, selain itu iritasi dan gatal juga dapat di timbulkan oleh kelembaban yang berlebih, biasanya terjadi pada penderita diabetes dan penderita gangguan pengendalian berkemih.

infeksi yeast yang terjadi pada area kewanitaan dapat menimbulkan gatal serta juga dapat mengeluarkan cairan putih yang terasa gatal dan panas, hal ini biasanya terjadi pada wanita yang mengkonsumsi antibiotik dalam jumlah yang banyak, yang mana antibiotik tersebut mempengaruhi bakteri baik dalam miss v, bahkan membunuhnya, sehingga terjadi ketidak seimbangan bakteri pada miss v.

hal ini juga merupakan infeksi, walaupun jarang terjadi, tetapi saat terjadi juga menimbulkan gatal pada area kewanitaan, infeksi ini di sebabkan oleh parasit, dan dapat menular melalui hubungan intim, efek yang terjadi selain berupa gatal juga dapat mengeluarkan cairan hijau, atau kekuningan, serta rasa sakit ketika buang air kecil.

  • Vaginitis / Vulvovaginitis

ini juga merupakan infeksi yang terjadi pada area kewanitaan, infeksi ini terjadi akibat dari ketidak seimbangan bakteri pada area kewanitaan, sehingga menyebabkan infeksi, sementara efek yang terjadi berupa rasa gatal, peradangan hingga menjadi kemerahan, juga mengeluarkan cairan dan berbau.

Rasa gatal yang terjadi pada area kewanitaan menjelang masa menopause merupakan hal yang alami, pada masa ini kadar hormon esterogen akan menurun sehingga membuat area kewanitaan menjadi kering, dan dapat menimbulkan gatal, dan jika di biarkan tentu akan dapat menimbulkan iritasi.

stres yang anda rasakan dapat membuat sistem imun tubuh anda melemah, sehingga dapat menyebabkan mudahnya terkena infeksi, dan jika terjadi infeksi pada area kewanitaan akan menimbulkan rasa gatal.

itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa gatal pada area kewanitaan, yang perlu anda ketahui, agar dapat di tindaklanjuti, sehingga tidak menjadi hal yang membahayakan tubuh anda.

pada beberapa kasus, rasa gatal yang berkelanjutan juga merupakan tanda adanya kanker vulva, untuk itu sebaiknya disarankan untuk selalu mengecek area kewanitaan anda ke ginokologis setiap tahunnya.

jika anda merasa gatal serta juga merasakan dorongan untuk buang air kecil secara bersamaan dan terus menerus, kemudian berat badan menurun drastis, sering lelah dan haus, sebaiknya anda periksakan kedokter, sebab kemungkinan anda menderita diabetes.

dan memang sebaiknya jika anda terasa gatal yang abnormal seperti disertai luka dan bernanah pada bibir miss v, serta keluarnya cairan yang abnormal, atau kesulitan buang air kecil, sebaiknya periksakan ke dokter, untuk mengetahui penyebab dan segera mengatasinya.

ada beberapa tips yang dapat anda lakukan guna mencegah gatal pada area kewanitaan.

  • hindari penggunaan pembersih area kewanitaan khusus, sebab dapat menimbulkan iritasi.
  • hindari sabun atau lotion yang memiliki wangi tambahan.
  • segera ganti celana dalam yang basah atau lembab secepatnya.
  • pakailah celana dalam dari bahan katun yang memiliki daya serap tinggi.
  • selalu kontrol gula darah anda, terutama jika penderita diabetes.
  • konsumsi yogurt, sehingga dapat mengurangi resiko infeksi yeast.

itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga area kewanitaan tetap sehat dan jauh dari iritasi serta gatal.

salam sehat.