Bahaya Kompilasi Asam Urat serta Diet Mengatasi Asam Urat

Tentunya Anda sudah akrab dengan kata ‘Asam urat’. Peningkatan kadar asam urat tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti produksi nya yang meningkat atau pengeluaran asam urat dari tubuh juga menurun.

penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana tubuh anda tidak dapat mengontrol asam urat, akibatnya kristal asam urat yang berlebihan dapat menumpuk pada jaringan tubuh anda. dan peningkatan ini dapat mengakibatkan radang pada persendian (artritis). dan jika terjadi dalam jangka panjang atau kronik, dapat mempengaruhi sendi, serta dapat membentuk batu ginjal.

Peningkatan produksi asam urat biasanya berhubungan dengan konsumsi makanan yang banyak purin. Purin sendiri banyak terdapat dalam beberapa jenis makanan misalnya daging, atau jeroan. peningkatan ini dapat mengakibatkan komplikasi pada penderita asam urat.

komplikasi yang akan terjadi pada kesehatan juga beragam, hal ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan ginjal, inilah beberapa komplikasi akibat peningkatan asam urat.

  • Gout Rheumatoid arthritis

penyakit ini adalah peradangan sendi yang di akibatkan oleh pengendapan kristal urat dalam sendi. dampaknya berupa hadirnya nyeri sendi, sendi yang kemerahan dan sulit atau tidak dapat digerakkan. Sendi yang paling sering terkena adalah sendi yang terdapat pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah.

Peningkatan produksi asam urat juga dapat mengakibatkan pengendapan pada ginjal dan akhirnya akan membentuk batu ginjal.

Jika ukurannya masih kecil, batu ginjal dapat tidak menimbulkan gejala apapun, namun jika ukurannya sudah besar tentu akan dapat menyebabkan gejala seperti gangguan buang air kecil, nyeri pada pinggang juga dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. dan jika tidak ditangani dengan cermat, dapat mengakibatkan gagal ginjal, yang tentunya harus dengan penanganan yang lebih serius.

Gagal ginjal adalah tahapan akhir dari kerusakan ginjal. Salah satu yang menyebabkan gagal ginjal dan berhubungan dengan asam urat adalah batu ginjal. Batu ginjal akibat asam urat dan tidak ditangani dengan serius akan menyebabkan penuruan fungsi ginjal secara bertahap, hingga akan menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Apabila gagal ginjal sudah sampai pada tahap akhir, maka harus ditangani dengan terapi pengganti ginjal misalnya hemodialisis atau cuci darah.

itulah beberapa komplikasi akibat meningkatnya asam urat pada tubuh, yang mana pemicu utama peningkatannya berasal dari makanan, asam urat di hasilkan dari pemecahan purin, dan purin hanya terdapat pada jeroan, sarden, makarel, kerang, dan lain lain.

Jika Anda membatasi untuk memakan makanan yang tinggi purin, tentu akan dapat mengurangi serangan asam urat dan mengurangi tingkat keparahannya. Diet bukanlah merupakan terapi utama dalam menangani asam urat, tetapi dapat membantu menurunkan frekuensi resiko serangan asam urat.

Diet Bagi Penderita Asam Urat

diet yang di maksud adalah membatasi asupan makanan yang tinggi kandungan purin, sehingga dapat mengontrol produksi asam urat dalam tubuh anda. Jika anda juga mengalami obesitas atau berat badan berlebih, sebaiknya segera menurunkan berat badan Anda. Hindari juga diet tinggi protein yang biasa di pakai untuk menurunkan berat badan, sebab dapat menyebabkan tubuh memproduksi asam urat secara berlebih (hyperuricemia).

  • Batasi daging, unggas dan ikan

Protein hewani kaya kandungan purin. sebaiknya Hindari atau batasi konsumsi makanan yang banyak menggandung purin seperti makarel, jeroan, ikan sarden, daging merah (daging sapi, kambing, babi), dan makanan laut (tuna, udang, lobster juga scallop). Batasi konsumsinya 113 – 170 gr/hari.

Asam lemak jenuh dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam mengeleminasi asam urat. Makanan yang tinggi lemak juga dapat menyebabkan obesitas lalu berujung pada penyakit asam urat.

Alkohol, terutama bir, dapat mengganggu metabolisme tubuh dalam mengeliminasi asam urat. Batasi konsumsi sehingga 150 ml/hari. jika anda bisa sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol.

  • batasi sebagian sayuran hijau

Daun singkong, bayam, kangkung dan melinjo juga memiliki kandungan purin yang banyak. juga termasuk tahu dan tempe yang juga mengandung purin yang tinggi

  • hindari makanan dengan pemanis high fructose hammer toe syrup

Fruktosa merupakan satu-satunya jenis dari karbohidrat yang dipahami dapat meningkatkan asam urat. Cobalah mengurangi konsumsi soda pop serta jus buah yang tidak segar.

  • Pilihlah karbohidrat kompleks

Konsumsi gandum, buah dan sayuran juga sebaiknya kurangi karbohidrat sederhana misalnya roti putih, kue serta permen.

  • Perbanyak konsumsi cairan, terutama air

Cairan dapat memberikan mengeluarkan asam urat dari tubuh Anda. selalu penuhi kebutuhan cairan dengan minum air mineral minimalnya 8-16 gelas/hari.

itulah penjelasan mengenai penyakit asam urat serta diet yang dapat di lakukan dalam mengurangi serangan asam urat. semoga bermanfaat.

salam sehat