Perubahan Aneh Selama Kehamilan

Sejak awal kehamilan, ibu akan mengalami perubahan yang terjadi tidak hanya perubahan fisik, akan tetapi juga secara emosional juga. Dari perubahan-perubahan yang terjadi, ada beberapa perubahan yang dirasa aneh, apalagi jika itu merupakan kehamilan pertama ibu. Berikut ulasan menarik mengenai perubahan aneh selama kehamilan yang ibu akan alami.

Perubahan Aneh Selama Kehamilan:

1. Keluarnya Cairan dari Organ Genital

Selama hamil, ibu akan menemukan cairan berwarna bening atau kekuning-kuningan yang keluar dari organ genital ibu. Kondisi ini normal, dan akan terus keluar hingga beberapa hari pasca persalinan, dan tidak berbahaya selama cairan yang keluar tidak menimbulkan gatal dan sensasi terbakar, serta tidak mengeluarkan bau busuk. Kondisi ini dikarenakan adanya produksi hormon yang diproduksi oleh tubuh, dan juga peredaran darah di sekitar organ intim. Untuk mengatasinya, ibu dapat menggunakan pembalut tipis pada celana dalam yang digunakan. Disarankan juga untuk tidak memakai sabun pembasuh kewanitaan karena dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi.

2. Berkeringat dalam Jumlah Banyak

Pada masa kehamilan, sebagian ibu hamil akan merasakan rasa gerah yang teramat sangat dan berkeringat sangat banyak. Bahkan, aktivitas kecilpun dapat membuat ibu benar-benar kepanasan dan berkeringat. Sebenarnya apa penyebab kondisi ini? ketika hamil, metabolisme yang terjadi dalam tubuh jauh lebih tinggi ketimbang ketika kondisi normal/tidak hamil. Selain itu, peredaran darah yang meningkat juga membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat. Untuk mengurangi panas yang ada dalam tubuh, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan keringat. Ibu dapat menggunakan deodoran atau bedak di ketiak serta mengenakan baju hamil yang longgar, nyaman, serta menyerap keringat dengan baik.

3. Tak Sengaja Mengompol saat Bersin atau Tertawa Keras

Selama hamil, ibu harus mengkonsumsi banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi selama masa kehamilan. Hal ini tentu juga akan berefek pada peningkatan cairan yang ada dalam kandung kemih. Seiring dengan semakin besarnya janin dalam perut ibu, akan menekan posisi kandung kemih. Akibatnya urin akan lebih mudah keluar, bahkan ibu dapat mengompol hanya karena bersin atau tertawa keras. Untuk mengatasi kondisi ini, sering-seringlah pergi ke kamar mandi meski ibu tidak merasa ada dorongan kuat untuk buang air kecil. Sangat tidak disarankan ibu menahan kencing karena hal tersebut dapat membahayakan kesehatan, serta membuat peluang ngompol semakin besar. Ibu dapat juga mengenakan pembalut atau popok orang dewasa, atau membawa celana dalam cadangan untuk berjaga-jaga ketika dalam situasi darurat. Ibu juga dapat melatih otot vagina dengan melakukan latihan super kegel.

Demikian bunda tiga perubahan aneh selama kehamilan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bunda semua.