Tips Mengatasi Mobil Mudah Mogok di Tengah Jalan

Tips Mengatasi Mobil Mogok – Berkendara menggunakan mobil memang cukup menyenangkan sekali. Selain tidak terkena panas dan hujan, kita juga bisa duduk santai nyaman di dalam mobil. Namun sayangnya, beberapa mobil kerap sekali mengalami mogok di tengah jalan.

Image: ASSA Rent

Bagi seorang mekanik mesin, mungkin keadaan mogok adalah hal biasa dan bisa cepat segera diatasi. Akan tetapi bagaimana jika Anda tidak tahu mesin? Tidak perlu cemas, berikut ada beberapa tips mengatasi mobil mogok di tengah jalan yang bisa Anda terapkan.

Tips Mengatasi Mobil Mudah Mogok di Tengah Jalan

  1. Amankan posisi kendaraan

Ketika mobil mogok di tengah jalan, langkah pertama yang harus Anda tempuh adalah mengamankan mobil tersebut. Doronglah mobil ke bagian tepian jalan, sehingga akan mempermudah kita ketika memeriksa kondisi mesin nantinya.

  1. Cek bagian komponen penyuplai daya

Komponen penyuplai daya merupakan bagian pertama kalinya dalam menghidupkan mesin sebuah mobil. Fungsi dari bagian ini hampir mirip dengan aki. Periksalah pada bagian tutup kepala aki, kemudian pastikan sambungannya tidak kendor atau berkarat.

Selain itu periksa juga pada bagian kabel koil. Usahakan bagian tersebut tidak kendor apalagi terlepas. Jika aki sudah dipastikan tekor, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan charge atau isi ulang daya.

  1. Periksa pengapian

Setelah yakin tidak ada masalah pada bagian komponen penyuplai daya, maka Anda bisa melanjutkan dengan memeriksa bagian pengapian. Periksalah komponen-komponen seperti distributor, CDI atau platina, serta busi. Untuk bagian busi, Anda dapat melepasnya satu per satu kemudian bersihkan dengan menggunakan amplas halus.

  1. Bagian pemasok bahan bakar

Keadaan karburator yang kehabisan ataupun kelebihan bahan bakar, biasanya akan menyebabkan mogok. Caranya buka filter udara pada bagian karburator, kemudian nyalakan mesin tanpa menginjak pedal gas. Apabila belum menyala, injak pedal gas dalam-dalam kemudian nyalakan lagi. Ini bertujuan agar bahan bakar tersuplai secara optimal keseluruh komponen pengapian.

Bagaimana, mudak bukan? seperti itulah tips mengatasi mobil mogokdi tengah jalan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, salam.