Cara Merawat Kaca Headlamp Mobil Agar Tak Buram

Cara Merawat Kaca Headlamp Mobil – Biasanya kaca headlamp mobil yang sudah berusia 5 tahun lebih cenderung akan mengalami buram atau tidak bening. Menguningnya kaca ini dapat disebabkan karena kurangnya perawatan sekaligus membiarkan kaca tersebut terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itu, kaca headlamp mobil memerlukan perawatan yang lebih intensif agar tidak berubah menjadi kuning dan buram. Berikut ada beberapa cara merawat kaca headlamp mobil yang bisa Anda coba.

Tips Merawat Kaca Headlamp Mobil Agar Tidak Kuning

  1. Selalu parkir di tempat teduh

Sinar UV sangatlah buruk bagi kondisi kaca headlamp, cat, dan bagian komponen luar mobil lainnya. Terpaparnya sinar matahari dalam waktu lama bisa mengakibatkan kaca menguning.

Maka dari itu, usahakan selalu memarkirkan mobil di tempat yang teduh dan terhindar cahaya matahari langsung. Apabila terpaksa tidak bisa, Anda dapat melindunginya dengan kain atau yang lainnya.

  1. Gunakan cairan anti UV atau WAX

Sekarang ini telah ada banyak sekali toko sparepart mobil yang telah menyediakan cairan anti UV. Sesuai namanya, cairan ini bisa melindungi bagian terluar dari mobil layaknya sunblock kulit dari sinar matahari.

Anda bisa membelinya kemudian mengoleskan ke bagian kaca headlamp secara rutin sebelum mobil dibawa keluar ruangan.

  1. Ganti bohlam kaca headlamp dengan ukuran sama

Penggantian bohlam yang tidak sesuai dengan ukuran standar headlamp akan sangat berpotensi menyebabkan kaca tersebut mudah kuning dan buram, khususnya apabila watt yang Anda gunakan sangat tinggi.

Oleh sebab itu, mulai sekarang pastikan lampu bohlam yang ada di headlamp memiliki watt yang sesuai dengan ukuran standarnya.

  1. Cuci kaca headlamp secara rutin

Sisa air hujan dan kotoran dapat mengakibatkan kaca lebih cepat buram dan menguning. Ada baiknya cuci kaca setelah terkena kotoran ataupun air hujan secara rutin. Lakukan pencucian minimal 1 bulan sekali untuk memastikan kaca selalu dalam keadaan bersih dan bening.

Demikian cara merawat kaca headlamp mobilagar tidak menguning. Semoga menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda, salam.