Kenali Tanda Jantung Tidak Normal Sebelum Terlambat

Cara Hidup Sehat – Tentu kita sudah sering mendengar akan bahaya sakit jantung, penyakit ini adalah salah satu penyakit yang banyak menyebabkan kematian, dan bisa terjadi pada siapa saja, baik tua, atau pun bagi orang yang masih muda, dan kelihatan sehat.

dizaman sekarang ini sangat mudah untuk terkena penyakit jantung, hal itu kerena gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari malasnya olah raga, makanan yang sangat tidak sehat, yang hanya menyuguhkan rasa, maka tidak heran ketika kita mendengar orang yang masih sehat pada pagi harinya, meninggal pada siang atau sore.

maka dari itu ada baiknya untuk kita mengetahui tanda tanda jantung bekerja tidak normal, agar jika kita mengetahui, kita dapat segera memeriksakan ke dokter, dan dapat di cegah terlebih dahulu, sebelum terlambat.

diambil dari vemale.com, ada beberapa tanda untuk mengenali jantung yang bekerja tidak normal.

  • Rasa Nyeri ataupun Sesak di dada

ketika anda merasa nyeri di dada, bahkan bisa menjalar pada bagian tubuh lainnya, seperti lengan, bahu, rahang punggung, dan lainnya, bisa jadi anda terkena penyakit arteri koroner, rasa sakit atau nyeri beda tipis dengan nyeri saat isi lambung naik ke kerongkongan.

susah bernaat tidak hanya indikasi dari penyakit sesak nafas, tetapi bisa saja hal tersebut merupakan gejala dari penyakit jantung, dan juga biasanya gejala ini juga di sertai dengan gejala lain, seperti jantung berdebar, berkeringat, mual, pusing, letih, berkeringat, serta detak jantung yang tidak teratur.

tanda yang berikutnya yang dapat di curigai sebagai penyakit jantung adalah, terengah engah, misalnya ketika anda hanya melakukan aktifitas ringan, atau berbaring, kemudian anda terengah engah, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala penyakit jantung, yaitu gangguan katup jantung,

jika anda merasakan hal ini, dada seakan akan di himpit beban berat, mungkin hal tersebut merupakan pertanda jantung anda bekerja dengan tidak normal, atau anda merasa nyeri ketika habis berolah raga, ataupun sedang stres, mungkin ada masalah dengan aliran darah pada jantung.

indikasi penyakit jantung lainnya dapat berupa kelelahan tanpa tau sebabnya, atau mengalami kesulitan tidur, atau berkeringat tiba tiba, mual, pusing, hal tersebut bisa jadi akibat gangguan pada aliran darah di jantung.

itulah beberapa tanda yang dapat di ketahui, untuk mengantisipasi penyakit jantung, jika anda merasa mengalami hal tersebut, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter, akar di ketahui dengan pasti penyebabnya dan dapat mencegah dari penyakit jantung yang membahayakan nyawa anda.

seperti yang di ketahui, kematian akibat penyakit jantung sering kali tiba tiba atau mendadak, tentunya juga di picu oleh berbagai macam hal, tetapi ada juga pemicu terjadi nya serangan jantungyang bahkan tidak kita duga. diantaranya :

dalam hal ini adalah infeksi saluran pernafasan, ataupun flu, ketika anda mengalami penyakit ini, maka resiko anda terkena penyakit jantung atau serangan jantung 5x lebih besar, selama 3 hari setelah di diagnosis, sebab, infeksi dapat mengakibatkan efek inflamasi ataupun pembengkakan, sehingga akan memicu terjadinya serangan jantung atau stroke.

hal ini berdasarkan penelitian di belanda, terhadap pasien dengan usia tua, bahwa, pasien dengan kondisi ginjal yang lemah memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit jantung.

Lingkungan yang kurang sehat, seperti yang biasa di temui di perkotaan, dimana, rawan macet, polusi udara akibat asap pembakaran, asap rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya, juga akan membuat resiko terkena serangan jantung menjadi lebih besar.

hal ini lebih sering terjadi pada wanita, biasanya wanita membutuhkan suplemen kalsium, ketika hamil atau sudah tua, untuk mencegah osteoporosis, sedangkan menurut penelitian, wanita yang mengkonsumsi 1 gram kalsium sitrat rutin selama 5 tahun beresiko 2 kali lebih besar terkena serangan jantung dari pada yang tidak.

dan pada penelitian yang lain, bagi wanita yang mengkonsumsi kalsium 500 mg setiap hari, memiliki kecendrungan mengalami serangan jantung sebesar 30%, jadi sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen kalsium jika memang tidak di butuhkan seperti ketika hamil atau sudah lanjut usia.

itulah beberapa pemicu yang tidak di duga dapat menyebabkan serangan jantung, maka dari itu, sebaiknya mulai lah untuk melakukan pola hidup sehat agar penyakit jantung jauh dari anda, mulai lah dengan berolah raga, makan makanan yang sehat, cukup mengkonsumsi cairan, cukup tidur, dan lain sebagainya.

semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat.