PENTINGNYA MENJAGA SISTEM PENCERNAAN BESERTA TIPS TIPSNYA

Pada tanggal 29 mei di tetapkan sebagai World Digestive Health Day dan National Yogurt Day, jadi dari sana kita dapat mengetahui betapa pentingnya kesehatan sistem pencernaan, karena sistem pencernaan kita seperti sebuah ekosistem sendiri, di mana di dalam usus terdapat 100 triliun bakteri yang mencerna makanan, mengatur hormon, menghilangkan racun dan menghasilkan nutrisi penting, jumlah tersebut sangat besar dan 10 kali dari jumlah sel sel di seluruh tubuh manusia.

Image: Hello Sehat

dan lebih dari 400 spesies flora terdapat dalam usus, hingga untuk menjaga kesehatan usus sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara bakteri usus yang baik dan yang berbahaya. (Christine Okezie, konselor kesehatan holistik )

dan sekitar 70 % dari seluruh sistem kekebalan tubuh terdapat di usus, maka apabila kesehatan usus terganggu, tentu akan mengganggu sistem kekebalan tubuh juga, dan akan mengalami peningkatan resiko penyakit autoimun, pilek, kanker, alergi, pertumbuhan bakteri yang berlebihan, dan banyak lainnya, kesehatan usus dan pencernaan berperan penting dalam kesehatan mental dan perilaku (Megan pennington, konselor kesehatan holistik)

usus yang tidak sehat dapat berkontribusi terhadap penyakit berat seperti diabetes, arthritis, obesitas, kanker, dan juga depresi, sekitar 80% serotonin terdapat dalam usus, serta kesehatan usus juga berpengaruh atau berkaitan dengan kondisi kulit, seperti eksim, dan juga berpengaruh kepada kelelahan kronis (Stehanie middleberg, MS, RD, CDN, spesialis gizi)

pola hidup sehat yang dijalani dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, walaupun banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan usus, seperti, stres, usia, genetik, bahan kimia, makanan, dan juga aktifitas fisik, tetapi dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti diet sehat, olahraga teratur, cukup tidur, mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang, dan mengelola stres, maka kesehatan usus tentunya dapat tercapai.

ada beberapa tips menjaga sistem pencernaan

air sangat diperlukan bagi pencernaan, tetapi minumlah air yang murni, sekarang ini banyak air yang sudah mengandung klorin dan zat lainnya, klorin memang dapat mensterilkan air, tetapi ketika di minum juga mensterilkan bakteri pada usus, sehingga terjadi ketidak seimbangan bakteri dalam usus, sebaiknya minumlah air yang alami, yang sudah melewati penyaringan reverse osmosis, yang juga banyak memiliki bakteri baik di dalamnya.

probiotik sangat baik untuk usus, seperti olahan susu, terutama pada yogurt, mengkonsumsi yogurt yang bagus merupakan suatu cara dalam menyehatkan pencernaan anda, dan untuk mengetahui yogurt yang bagus anda dapat melihatnya pada nutrition fact yang ada pada kemasan, pilih lah yogurt yang berkalsium tinggi dari yogurt lainnya, rendah lemak, mengandung prebiotik dan serat, mserta rendah gula.

pola makan yang baik adalah 5 kali dengan 3 kali makan berat, tapi tidak berlebihan, dan 2 kali makan tambahan, yang tentunya menu makan pun di atur sesuai dengan kesehatan. pola makan ini selain bagus untuk pencernaan anda, juga sangat bagus bagi pelaku diet.

jangan lah makan dengan tergesa gesa, sebab dapat membuat pencernaan bekerja ekstra dalam mencerna makanan, kunyahlah makanan hingga halus hingga gampang di proses oleh lambung dan usus nantinya. dan usahakan untuk tidak berlebihan minum ketika makan, sebab jika berlebihan, cairan pada lambung akan mengencer, dan kehilangan kekuatan dalam mencerna makanan.

semua makanan akan di cerna oleh sistem pencernaan, maka dari itu sebaiknya aturlah menu makan anda dengan yang bergizi juga seimbang. perhatikan kandungan kandungan pada makanan tersebut, pilihah makanan yang kaya akan serat, karena akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

contoh makanannya adalah sayur, kacang kacangan, gandum, biji bijian, dan kurangi makanan dan minuman dingin, dingin di sini bukan suhu normal seperti nasi yang sudah tidak panas, tetapi memang dingin dengan suhu yang rendah seperti es, sebab dapat membuat makanan menjadi pelan jalannya, dan lambung akan bekerja keras menghangatkan makanan, sehingga makanan akan lama berada di lambung.

sebaiknya juga konsumsi makanan yang anti inflamasi, seperti minyak zaitun, buah dan sayur, alpukat dan kelapa, karena dapat mengurangi inflamasi dalam tubuh dan menyembuhkan usus, cuka apel dan perasan lemon juga dapat membantu memproses protein berat dalam tubuh.

ketika memasak sebaiknya menggunakan bumbu yang alami, jangan membeli bumbu yang instant seperti yang banyak terjadi sekarang ini, sebenarnya bumbu alami tersebut sangatlah bagus untuk kesehatan pencernaan, seperti ketumbar, jahe, kunyit, dan bahan alami lainnya, juga dapat mengusir gas sehingga mengurangi rasa sakit pada lambung dan usus, serta bahan alami juga dapat mengatasi sembelit.

makan buah sebelum makan berat atau saat perut masih kosong sangat membantu pencernaan dalam mempersiapkan diri, setidaknya lakukan 20 menit sebelum makan, buah buahan mengandung gula sederhana, yang mudah di cerna, dengan begitu akan mengurangi anda untuk makan secara berlebihan dan juga dapat mempersiapkan pencernaan anda sebelum makan berat, hingga pencernaan tidak kaget, setelah sebelumnya perut kosong, proses mencerna menjadi lebih siap dan baik.

  • HINDARI RACUN DAN ZAT KIMIA

zat racun memang banyak terdapat di mana mana, baik di udara yang berpolusi, atau bisa juga pada makanan, anda bisa menghindarinya dengan berperilaku sehat, seperti ketika bermotor, pakailah masker, menutup makanan, dan menjaga higienis ketika mempersiapkan makanan dan pada saat makan.

juga hindari makanan cepat saji, makanan yang sudah di tambahkan zat kimia, seperti pengawet, pemanis buatan, pengenyal, penguat rasa, dan sebagainya, selain gizi yang nyaris tidak ada, juga dapat mendatangkan penyakit, seperti kanker, jangan tukar kesehatan anda hanya demi rasa enak sesaat.

jika anda sering menggunakan obat untuk menstabilkan asam lambung, atau antacid, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya atau berlebihan dalam menggunakannya, sebab berlebihan dalam mengkonsumsinya akan membuat lambung kehilangan asamnya, dan proses mencerna makanan menjadi terganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dosis pemakaiannya.

  • JALANKAN POLA HIDUP SEHAT 

selain cara diatas, juga jalankan pola hidup sehat lainnya, seperti olah raga, tidur yang cukup, jangan memaksakan diri dalam beraktifitas, sebab dengan pola hidup seperti ini, akan membuat tubuh tetap sehat dan dapat memaksimalkan sistem pencernaan anda.

juga sebaiknya kelola stres yang anda dapatkan, baik dalam bekerja, maupun dalam keseharian anda, stres dapat membuat tubuh anda mengurangi aliran darah ke perut, dan menurunkan produksi enzim pencernaan.

itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar pencernaan anda tetap sehat, dan jauh dari penyakit.

salam sehat