Sembelit Pasca Melahirkan Begini Mengatasinya

Sembelit pasca melahirkan bisa menjadi masalah yang serius bagi para ibu. Beberapa penyebab kurang teraturnya buang air besar seperti konsumsi obat-obatan pengurang rasa sakit pasca melahirkan dan vitamin-vitamin selama hamil yang masih dikonsumsi meski sudah melahirkan. Pada artikel kali ini, ibuhamil.info akan membahas tentang cara mengatasi sembelit pasca melahirkan.

Image: KatalogIbu.com

Hal lain yang membuat sembelit menjadi masalah serius adalah rasa khawatir pada bekas jahitan baik caesar maupun perineum. Ketika mendapat beberapa jahitan baik dari persalinan normal maupun cesar, tentu ibu akan sangat berhati-hati ketika ‘ngeden’ saat buang air besar. Hal inilah yang membuat sembelit pasca melahirkan bukan hanya sakit sembelit biasa. Cobalah untuk lebih relaks ketika buang air besar, jahitan pada perut maupun vagina tidak akan terlepas hanya karena ada dorongan dalam perut.

Berikut ini beberapa tips mengatasi sembelit pasca melahirkan:

Konsumsi Karbohidrat

Pilih biji-bijian yang memiliki kandungan serat tinggi seperti roti dan sereal gandum, beras merah, sesuatu yang dibuat dari beras, biji rami, dll.

Konsumsi Buah Kering

Ibu dapat mengkonsumsi kismis, apricot kering, buah ara, maupun buah plum. Untuk mendapatkan asupan omega 3 yang lebih banyak dan kemampuan otot untuk mengatasi sembelit, cukup campurkan buah-buahan kering tersebut dengan kacang-kacangan.

Buah dan Sayuran Segar

Konsumsilah buah-buahan dan sayuran segar, jika bisa jangan buang kulitnya. Beberapa buah-buahan justru memiliki manfaat terbanyaknya pada bagian kulit. Jika ibu tidak bisa mengkonsumsi sayuran mentah, ibu dapat memasaknya setengah matang sehingga rasanya masih tetap renyah dan gizinya tidak banyak yang terbuang karena proses pemasakan.

Minyak Zaitun

Ibu dapat menambahkan minyak zaitun pada masakan, seperti olahan ikan, ayam, atau pasta.

Cukup Minum

Untuk mengatasi sembelit pasca melahirkan, setidaknya minumlah air 8 gelas perharinya. Ibu juga dapat mencoba segelas air hangat yang dicampur lemon setiap pagi untuk memperlancar saluran pencernaan. Untuk lebih membantu memperlancar pencernaan, jus buah maupun sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi juga bisa menjadi pilihan.

Demikian bunda cara mengatasi sembelit pasca melahirkan. Semoga bermanfaat untuk bunda – bunda yang juga mengalami sembelit pasca persalinan.