Gejala Kolesterol Pada Tubuh Yang Perlu Di Waspadai

Cara Hidup Sehat – salah satu penyakit yang berbahaya, yang juga banyak yang menderita adalah kolesterol yang tinggi, kolesterol sudah ada pada tubuh manusia, ada yang baik dan ada yang jahat, tentu saja yang perlu di waspadai adalah kolesterol jahat.

kolesterol ini, jika di biarkan dapat mengakibatkan penyakit yang lebih berbahaya, misalnya jantung, stroke, serta penyumbatan pada pembuluh darah, dan yang paling berbahaya dapat menimbulkan kematian, tercatat 7,9 % orang yang meninggal di dunia akibat mengidap penyakit kolesterol. sedangkan di indonesia sendiri penderita kolesterol mencapai 28%.

kolesterol akan lebih cepat meningkat karena gaya hidup yang tidak sehat, dan banyak hal lain yang dapat meningkatkan kadar kolesterol anda, diantaranya

  • Makanan
  • Kelebihan berat badan
  • kurang olahraga
  • gaya hidup yang tidak sehat
  • minum kopi berlebihan
  • stress
  • merokok
  • diabetes melitus
  • diet yang salah

ketika anda sudah terkena kolesterol tinggi, yang paling tidak enak, anda akan di larang makan ini dan itu, sebab beberapa makanan akan sangat cepat meningkatkan kadar kolesterol anda, belum lagi bahaya penyakit berat lainnya seperti stroke dan jantung

silahkan baca cara mendeteksi jantung tidak normal

pada dasarnya sulit untuk mengetahui ketika anda sudah terkena kolesterol tinggi, kecuali dengan pemeriksaan dokter, tetapi ada beberapa indikasi atau gejala yang dapat di curigai meningkatnya kolesterol anda.

kesemutan terjadi akibat darah yang tidak lancar, sehingga ada syaraf di bagian tubuh yang tidak mendapatkan darah yang cukup, dan terjadilah kesemutan, dan jika kesemutan sering terjadi , mungkin salah satu penyebab aliran darah tidak lancar adalah kolesterol.

  • Pusing Pada Bagian Belakang Kepala

kolesterol juga dapat menyumbat aliran darah yang mengalir ke otak, akibatnya akan terasa pusing pada belakang kepala, dan yang lebih berbahaya, jika di biarkan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah, hingga terjadinya stroke.

selain menimbulkan kesemutan pada kaki, kolesterol juga menimbulkan nyeri, yang juga akibat dari penyumbatan pembuluh darah.

jika penyumbatan terjadi pada tengkuk atau pundak, dapat mengakibatkan rasa pegal, hal ini karena kurangnya pasokan oksigen yang di bawa darah ke area ini. yang bisa jadi penyebab utamanya adalah kolesterol.

seperti yang kita ketahui, ketika menguap, itu tadanya pasokan oksigen ke otak sudah berkurang, yang mana oksigen di bawa oleh darah, jadi jika anda sering sekali mengantuk, bisa jadi anda mempunyai kadar kolesterol yang tinggi.

ketika pasokan oksigen pada area kuku berkurang, dapat mengakibatkan warna kuku akan berubah, dan pertumbuhan kuku jadi melambat, dan juga menjadi tebal, jika anda mengalaminya, sebaiknya coba periksa kadar kolesterol anda.

salah satu tanda lainnya adalah kram pada malam hari, atau ketika anda bangun tidur, dan merasa kram pada beberapa anggota badan, hal ini biasanya hilang jika anggota badan sudah di gerakkan, jika hal ini sering terjadi ada baiknya segera periksa kadar kolesterol anda.

itulah beberapa hal yang dapat anda curigai sebagai pertanda kolesterol anda meningkat, jika anda merasa kan salah satunya, apalagi sering, segeralah periksakan ke dokter anda, agar dapat di turunkan secepatnya sebelum terlambat.

semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.