Tips Kehamilan Trimester Ketiga

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga itu berarti waktu persalinan yang semakin dekat. Tentu saja seorang ibu hamil harus mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran si kecil. Ada beberapa tips yang dapat membantu ibu untuk menikmati masa-masa akhir kehamilan dan saat-saat menyambut si kecil. Apa saja itu? Ibuhamil.info akan mengulas hal tersebut dalam tips kehamilan trimester ketiga pada artikel kali ini.

Image: Prenagen

Berikut beberapa tips kehamilan trimester ketiga:

Sering berkonsultasi pada dokter/bidan

Sering-seringlah berkonsultasi pada dokter atau bidan ibu, agar mengetahui informasi-informasi yang bermanfaat mengenai mengatasi keluhan-keluhan yang semakin bertambah selama trimester akhir ini, sekaligus mendapatkan infromasi mengenai persiapan persalinan.

Memperhatikan gerakan bayi

Sehat dan normalnya seorang bayi dalam kandungan juga dapat diketahui melalui gerakannya. Bayi dalam kandungan akan terus tumbuh dan gerakannya akan berubah sesuai ukuran tubuhnya.

Mengajak bicara dan memberi rangsangan sentuhan

Salah satu cara menikmati kehamilan adalah dengan mengajak bicara bayi dalam kandungan. Selain membuat ibu semakin menikmati kehamilan, mengajak berbicara si kecil juga dapat mempererat hubungan antar ibu dan bayi. Ibu bahkan bisa merasakan responnya dengan tendangan kecilnya saat ibu menyentuhnya.

Melakukan peregangan

Tips kehamilan trimester ketiga berikutnya adalah melakukan peregangan. Trimester akhir ini merupakan waktu yang paling tepat untuk belajar peregangan yang berguna memperlancar saat proses persalinan nanti.

Mengetahui hal-hal tentang kontraksi

Memasuki trimester ketiga, ibu akan mulai sering merasakan kontraksi. Coba perhatikan seberapa sering dan lama saat kontraksi terjadi. Tidak jarang ibu hamil yang tidak bisa membedakan mana kontraksi palsu, dan mana kontraksi yang merupakan tanda persalinan semakin dekat.

Mempelajari tahapan persalinan

Setiap ibu hamil memiliki pengalaman yang berbeda saat melahirkan, dan mungkin saja yang akan dialami ibu akan berbeda juga. Namun tidak ada salahnya mengetahui gambaran persalinan secara umum, sehingga ibu dapat lebih mempersiapkan diri ketika persalinan tiba.

Menghindari aktivitas atau olahraga berat

Selama kehamilan, ibu disarankan untuk tetap berolahraga agar tubuh tetap bugar dan dapat membantu memperlancar persalinan. Akan tetapi ada beberapa olahraga yang tidak dianjurkan dilakukan saat hamil. Karena itu konsultasikan kepada dokter atau bidan aktivitas atau olahraga apa saja yang tidak dianjurkan ketika hamil.

Demikian bunda beberapa tips kehamilan trimester ketiga, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bunda semua.