Meredakan Pilek Pada Anak

Sistem imun pada anak-anak belum terbentuk secara sempurna seperti pada orang dewasa. Karena itu, anak-anak cenderung lebih mudah terserang penyakit, seperti misalnya pilek, batuk, dan demam. Namun tahukah ibu, di luar sana ada lebih dari 200 virus yang siap menyerang si kecil dan menyebabkan pilek. Apalagi ketika musim pancaroba datang. Untuk itu, para orangtua dituntut untuk lebih memperhatikan kesehatan buah hati untuk meminamilisir resiko terserang penyakit. Untuk itu siUntung.com kali ini akan memberikan tips cara sederhana untuk meredakan pilek pada anak.

Image: Bidanku.com

Sebenarnya virus penyebab pilek tidak dapat dihilangkan dengan obat-obatan. Adapun obat-obat yang dijual di pasaran ditujukan hanya untuk meredakan gejala-gejala yang disebabkan virus penyebab pilek. Cara terbaik untuk melawan virus flu adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan terjaga. Dengan begitu, tubuh akan lebih baik dalam melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Namun apabila pilek sudah terlanjur menyerang si kecil, ibu jangan khawatir. Beberapa perawatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah dapat meredakan gejala flu dan pilek akan hilang dengan sendirinya. Biasanya pilek akan hilang dengan sendirinya setelah 4-10 hari tanpa mengkonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, jika pilek berlangsung selama berminggu-minggu dan tak kunjung membaik, kondisi ini perlu diwaspadai.

Pilek pada umumnya memiliki gejala yang sama, seperti hidung mampet ataupun ingus berlebih, nyeri di tenggorokan, bersin-bersin, dan biasanya disertai batuk. Pilek tidak datang secara tiba-tiba, biasanya akan ditandai dengan beberapa tanda-tanda. Hanya saja, penderita seringnya enggan menanganinya lebih awal sehingga membuat virus semakin menyebar dalam tubuh. Penyebab pilek/flu adalah virus dari kelompok rhiniviruses dan coronaviruses yang dapat menular secara langsung maupun kontak tidak langsung, seperti melalui butiran-butiran bersin di udara.

Gejala pilek yang sering ditemui antara lain hidung tersumbat, nyeri di hidung, bersin-bersin, tidak enak badan, batuk-batuk, dan suara menjadi parau. Beberapa gejala lain yang jarang terjadi seperti mata berair, nyeri di telinga, dan sakit kepala.

Beberapa tips sederhana di rumah ini dapat dilakukan untuk meredakan pilek pada anak:

1. Beristirahat Total

Tubuh yang lelah merupakan sasaran empuk bagi si virus untuk menyerang. Karena itu, hal pertama yang harus dilakukan untuk meredakan pilek pada anak adalah dengan mengembalikan kekuatan tubuh dengan beristirahat cukup, terutama tidur. Dengan begitu tubuh dapat memperbaiki sistem imun tubuh dan memperkuatnya. Karena itu, ketika si kecil sudah menunjukan gejala pilek, minta ia untuk mengurangi aktivitasnya dan buat mereka beristirahat total. Penyakit pilek ini sering membuat penderitanya menjadi lebih lesu.

2. Banyak Minum Air Putih

Selain untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat meredakan pilek. Dengan demikian, ketika anak mulai menunjukan gejala pilek, minta ia untuk minum banyak air putih. Tak harus air putih, ibu dapat memberikan mereka jus buah, teh maupun susu, asal bukan soda karena dapat memperparah radang tenggorokan.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membuat badan lebih relaks dan tentu saja sangat baik dalam masa penyembuhan dari pilek. Uap hangatnya juga dapat membantu melegakan pernapasan dan melegakan hidung tersumbat si kecil.

4. Konsumsi Madu

Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah meredakan pilek dan batuk. Akan tetapi, ibu juga harus tau mengetahui takaran yang pas untuk si kecil, misalnya satu sendok teh dan diberikan tiga kali sehari.

5. Berkumur dengan Air Garam

Air garam sudah banyak diketahui sebagai alternatif pengobatan yang mudah untuk meredakan flu. Karena itu, ketika si kecil terkena flu, cobalah minta ia berkumur dengan air garam hangat. Meskipun cara ini asing, namun perlahan si kecil akan terbiasa.

Demikian bunda beberapa tips untuk meredakan pilek pada anak. Semoga membantu dan bermanfaat apabila anak tercinta terserang flu.