Penyebab Batuk Berdahak yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Penyebab Batuk Berdahak yang Jarang Diketahui Banyak Orang – Batu berdahak cukup identik dengan keluarnya len-dir dari dalam mulut atau tenggorokan. Air kenyal tersebut sebenarnya bukan penyakit, melainkan sel sistem kekebalan yang berguna untuk melawan virus pada saluran pernafasan.

Penyebab batuk berdahak sendiri sangatlah bervariasi, mulai dari penyebab-penyebab sepele sampai dengan yang serius. Nah bagi Anda yang ingin mengetahuinya, berikut informasi selengkapnya mengenai penyebab batuk tersebut.

Penyebab Munculnya Batuk Berdahak

  1. Flu atau pilek

Flu merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya cairan ingus dalam hidung. Apabila flu/pilek tidak diatasi dengan segera, maka akan menimbulkan munculnya penyakit batuk berdahak. Biasanya batuk berdahak akan muncul setelah tubuh kita terserang pilek selama kurang lebih 3 hari.

  1. Polusi udara

Polusi udara sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan tubuh kita, khususnya kondisi sistem pernafasan. Polusi udara seperti asap rokok, kendaraan, pabrik, dan sebagainya bisa memicu munculnya batuk berdahak. Bahkan jika sudah parah, batuk berdahak tersebut akan menyebabkan radang paru-paru kronis.

  1. Daya tahan tubuh yang kurang

Daya tahan tubuh atau imunitas dapat menurun karena tubuh kurang istirahat. Akibat daya tahan tubuh yang menurun, berbagai macam virus pun mudah menyerang, termasuk salah satunya virus penyebab batuk berdahak. Maka dari itu, tingkatkan sistem imun Anda dengan cara berolahraga dan konsumsi makanan sehat/bernutrisi tinggi.

  1. Meningkatnya asam lambung (HCl)

Meningkatnya asam lambung (HCl) juga bisa menjadi pemicu batuk berdahak yang Anda derita. Biasanya para penderita maag lebih cenderung mengalami peningkatan HCl dalam tubuh. Bahkan jika sudah parah, kadar asam lambung tersebut bisa sampai ke bagian esofagus atau tenggorokan.

  1. Peradangan atau inflamasi

Pemicu batuk berdahak yang terakhir adalah radang tenggorokan atau inflamasi. Munculnya peradangan biasanya ditandai dengan tenggorokan terasa perih dan nyeri. Jika dibiarkan, maka akan menyebabkan virus dan bakteri mudah menyerang.

Demikian sajian informasi mengenai penyebab batuk berdahakyang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.