Cara Alami Mengatasi Plak Pada Gigi

Cara Hidup Sehat – Karang gigi atau biasa di sebut dengan plak adalah kotoran yang terdapat atau menempel pada gigi, yang asalnya adalah sisa sisa makanan yang tidak di bersihkan, hal ini biasanya diakibatkan malasnya membersihkan gigi, terutama setelah makan.

akibat yang di timbulkan oleh plak ini bermacam macam, seperti merusak penampilan atau percaya diri anda, kemudian bau mulut hingga kanker mulut, sisa makanan yang tidak di bersihkan, akan mengeras dan dapat menyebar pada bagian gigi lainnya, hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

dan menurut para ahli, jika plak atau karang gigi tidak di bersihkan, dan dibiarkan terus menerus, maka dapat menyebabkan kanker mulut, hal ini karena pada plak tersebut terdapat banyak bakteri sehingga dapat memicu pertumbuhan sel kanker, untuk itu sebaiknya bersihkan karang gigi anda.

untuk membersihkan gigi dari plak, ada beberapa metode, seperti cara alami dan juga dengan bantuan medis, anda bisa memilih mana yang anda suka, jika anda menggunakan bantuan medis, tentu anda harus membayar biaya untuk membersihkan plak, dan jika anda ingin menggunakan cara alami, anda bisa menyimak cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Plak Gigi

  • Sikat Gigi Sesudah Makan Dan Sebelum Tidur.

cara pertama ini sangat penting, sebab dengan ini selain mencegah plak terjadi, juga dapat menjaga kesehatan mulut anda, minimal gosok gigi 2 kali sehari, tetapi jika anda bisa lebih, lakukan setelah siap makan, agar kebersihan gigi selalu terjaga.

  • Gunakan Pasta Gigi Khusus

untuk menunjang langkah pertama tadi anda dapat menggunakan pasta gigi yang dapat menghilangkan plak, untuk pasta giginya, anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung tartar control atau fluroid, yang mana kandungan tersebut efektif menghilangkan plak.

untuk cara ini kita menggunakan bahan alami, yaitu kulit jeruk, kulit jeruk dapat membersihkan plak pada gigi, apalagi plak yang sudah membandel, caranya anda cukup menggosokkan kulit jeruk pada gigi, anda juga dapat melakukannya setelah makan, selain itu, cara ini juga dapat menghilangkan bau mulut.

stroberi juga dapat menghilangkan plak gigi, sebab stroberi memiliki kandungan vitamin C yang banyak, dan vitamin C, dapat mengikis plak pada gigi, untuk itu, sebaiknya anda sering sering mengkonsumsi stroberi.

cara ini juga cukup bagus dalam menghilangkan plak gigi, caranya tumbuk biji asam kawak hingga halus, kemudian tambahkan air hangat, dan jadikan sebagai pasta gigi yang alami, lakukan secara rutin agar plak cepat hilang dari gigi.

dan bahan alami yang terakhir adalah apel, buah apel juga kaya akan vitamin C, dan juga sangat ampuh menghilangkan plak pada gigi, jadi rutinlah mengkonsumsi buah apel, selain itu, apel juga bagus untuk diet, dan juga untuk kesehatan kulit anda.

itulah beberapa cara alami dalam menghilangkan Plak gigi, tentunya cara di atas, tidak dapat menghilangkan plak secara instant, dan untuk hasil yang optimal di sarankan untuk rutin melakukannya,

untuk mencegah karang gigi atau plak, ada beberapa tips mudah yang dapat di lakukan

  • minum air putih setelah makan agar mengurangi sisa makanan pada gigi
  • berkumur, dapat mencegah plak dan juga menghilangkan bau mulut
  • hindari makan makanan yang mengandung tepung atau gula.

itulah tips mudah yang dapat anda terapkan untuk mencegah plak pada gigi, dan tentu saja, sebaiknya anda sering menggosok gigi, dan juga ada baiknya melakukan pemeriksaan gigi 6 bulan sekali pada dokter, agar dapat mengetahui kesehatan gigi anda.

salam sehat