Cara Mengatasi Kembung Saat Menstruasi

Cara Hidup sehat – Pada saat menstruasi berbagai macam masalah akan terjadi seperti halnya sakit perut, kembung, payu*ara sakit dan mengeras, jerawat, berat badan yang naik, gejala emosi yang tidak stabil, darah menstruasi yang banyak, penurunan libido, dan lain sebagainya.

bicara tentang kembung, banyak sekali wanita yang sedang datang bulan mengalami hal ini, hal ini terjadi akibat kenaikan hormon pada tubuh, dan kembung pada saat datang bulan berbeda dengan kembung yang di sebabkan masalah pencernaan.

kembung pada saat datang bulan adalah sesuatu yang normal,sebab tubuh wanita sedang bersiap menghadapi pengikisan dinding rahim, akibat tidak adanya pembuahan, tetapi sekalipun hal tersebut normal, tentunya akan tetap membuat anda merasa tidak nyaman. jika kembung yang terjadi semakin memburuk serta terus menyebabkan sakit, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan.

untuk mengatasinya anda dapat mencoba beberapa hal berikut.

  • kurangi kopi, teh, alkohol

mengkonsumsi kopi, teh dan alkohol dapat membuat perut anda kembung, hal ini di sebabkan ketika anda mengkonsumsi minuman tersebut, akan membuat liver anda bekerja lebih keras untuk menetralisir zat yang ada pada minuman tersebut, sedangkan ketika datang bulan, liver juga menetralisir hormon yang tidak di perlukan tubuh, alhasil kinerja liver dalam menetralisir hormon menjadi terganggu, sehingga dapat membuat kembung,

untuk itu sebaiknya selama masa datang bulan, stop mengkonsumsi minuman tersebut, jika anda masih ingin mengkonsumsi teh, sebaiknya pilih lah teh herbal.

jika anda sering atau rutin mengkonsumsi gula, hal tersebut akan membuat gula darah anda naik secara signifikan, kemudian tubuh dengan sendirinya akan melepaskan hormon stres dari kelenjer adrenal, dan akan mengganggu aliran hormon.

jika aliran hormon terus terganggu, dan lama kelamaan tentu akan mengakibatkan ketidak seimbangan hormon, dan sebaiknya anda benar benar membatasi mengkonsumsi gula, terutama jika anda menderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), untuk mengatasi keinginan anda mengkonsumsi yang manis, anda bisa mengganti gula anda dengan sirup maple, madu, atau gula kelapa murni.

salah satu cara yang harus anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, untuk mengatasi perut kembung akibat kenaikan hormon, cobalah mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau gelap, seperti brokoli, kangkung, serta juga konsumsi karbohidrat kompleks, seperti halnya gandum utuh dan beras merah.

kandungan yang ada pada brokoli, seperti selenium serta asam folat, dapat menutrisi tubuh anda, serta memenuhi kebutuhan serat, sedangkan pentingnya serat ketika menstruasi, adalah dapat menyerap dan mengeluarkan kelebihan hormon pada tubuh, dan melancarkan buang air besar.

untuk yang satu ini sebaiknya hindari dulu ketika datang bulan, baik itu dalam bentuk makanan ataupun minuman, sebab makanan dan minuman yang dari kedelai, mengandung kadar esterogen yang tinggi, dan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon.

Jangan Memasak atau Memanaskan makanan dengan plastik

memanaskan atau memasak makanan dengan bahan plastik, contohnya memanaskan makanan dengan wadah plastik pada microwave atau pada magic jar, sebab ketika memanaskan dengan wadah plastik, dapat membuat zat kimia plastik meleleh dan bercampur dengan makanan, dan jika di konsumsi, zat tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormon.

itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan mengatasi kembung ketika datang bulan, kembung terjadi disebabkan oleh perubahan hormon, jadi penting untuk menjaganya tetap stabil, selain cara diatas, sebaiknya tetap lakukan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat, serta olahraga yang rutin.

salam sehat.