Menenangkan Bayi Menangis dengan Mudah

Bisa dibilang menenangkan bayi menangis itu susah-susah gampang. Apalagi bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki anak, menenangkan bayi menangis justru malah membuat bingung dan panik sendiri. Berbagai cara mulai dari menggendongnya, menyusui, sampai membawanya jalan-jalan, tentu saja butuh ‘tenaga’ ekstra untuk membuatnya berhenti menangis. Namun ternyata ada teknik yang sangat mudah yang bisa dicoba untuk menenangkan bayi menangis.

Image: Tribunnews.com

Seorang dokter anak dari Santa Monica, California, Dokter Robert C. Hamilton memiliki teknik menenangkan bayi menangis yang diberi nama “The Hold”. Dikutip dari dailymail.co.uk, teknik ini telah banyak dicoba oleh para orang tua dan dianggap selalu berhasil membuat bayi berhenti menangis seketika. Dokter Robert membagikan tips tersebut melalui channelnya di Youtube dan dalam tiga hari saja, video tersebut sudah ditonton jutaan orang.

Dokter Robert Hamilton merupakan dokter anak senior yang telah bekerja selama 30 tahun dan telah mempraktikan teknik “The Hold” tersebut pada pasien-pasien bayinya dan teknik tersebut selalu berhasil membuat bayi-bayi mungil menjadi tenang dan berhenti menangis.

Dalam video yang diunggahnya, Dokter Robert Hamilton menggunakan tekniknya pada seorang bayi yang menangis. Untuk menenangkannya, bayi tersebut ia angkat dan melipatkan kedua tangannya di depan dada, lalu memiringkan tubuhnya 45 derajat. Dokter Hamilton membawa bayi dengan menyangga bagian dada dan pantat si bayi, kemudian mengangkatnya naik turun. Lalu menggoyang-goyangkan sedikit tubuh si bayi, dan dalam hitungan detik, bayi berhenti menangis dan kembali tenang.

Dokter Hamilton menyarankan agar melakukannya dengan lembut dan tidak melakukan gerakan yang menyentak. Gendong bayi dengan menggunakan telapak tangan, bukan dengan ujung jari, dan agar bayi lebih nyaman, sangga juga bagian dagunya, sampai menggendongnya dengan sudut 45 derajat.

Berikut ini 4 Langkah Melakukan Teknik “The Hold”:

  1. Kedua tangan bayi di lipat di depan dada.
  2. Menyangga Kedua tangan bayi dengan satu telapak tangan.
  3. Memegang area pantat bayi dengan tangan satunya
  4. Menggoyang-goyangkan bayi di sudut 45 derajat.