Percepat Proses Persalinan dengan Tips Ini

Saat-saat menjelang kelahiran tentu merupakan saat-saat yang tegang bagi para calon Ibu. Tidak sabar ingin menggendong si kecil dalam pelukan. Jika ibu ingin segera melihat si kecil, Ibu bisa lho memberi sedikit dorongan untuk “membujuknya” lahir kedunia. Meski tidak ada teknik yang pasti untuk merangsang persalinan (kecuali diinduksi oleh dokter), ada beberapa cara alami yang dibuktikan melalui penelitian, yang dianggap mampu secara alami percepat proses persalinan. Namun dengan syarat antara Ibu dan bayinya sudah siap bekerja sama. Akan tetapi, sebelum ibu mencoba hal-hal tersebut, pastikan Ibu telah mendapat persetujuan dari bidan atau dokter. Lagi pula, ibu tentu tidak mau memaksa si kecil untuk keluar sebelum ia benar-benar siap. Untuk itu ibuhamil.info akan berikan beberapa tips untuk membantu percepat proses persalinan.

Image: Orami.co.id

Berikut ini cara alami percepat proses persalinan yang bisa dilakukan:

Berjalan-jalan Santai

Tips pertama untuk percepat proses persalinan adalah dengan berjalan santai. Saat ibu hamil, banyak yang menyarankan untuk berjalan-jalan santai bukan. Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh, berjalan santai juga dapat memperlancar proses persalinan. Saat berjalan-jalan, gaya grativitas dan goyangan pinggul ibu dianggap dapat mendorong si kecil ke arah panggul. Tekanan bayi pada panggul akan merangsang rahim memulai proses persalinan jika sebelumnya Ibu telah merasakan kontraksi sebelumnya. Apabila berjalan santai ini tidak terlalu berpengaruh saat proses persalinan, setidaknya tubuh Ibu menjadi lebih bugar saat bersalin nanti. Karena saat hari H, Ibu membutuhkan banyak tenaga dan tubuh yang bugar agar dapat melewati proses persalinan dengan lancar.

Berhubungan Badan

Meskipun hal tersebut terdengar mustahil saat kandungan ibu berusia 40 minggu, namun tidak ada salahnya memberi kesempatan pada si Ayah untuk ikut membantu. Penelitian menyebutkan bahwa prostaglandin yang terkandung dalam sperma mampu menipis dan melebarkan rahim, serta mematangkannya menuju proses persalinan. Selain itu, saat orgasme, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin yang mempu memicu kontraksi. Tentu saja, berhubungan badan dengan suami terkasih mampu membuat ibu lebih relaks menghadapi persalinan, dan menguatkan hubungan antara Ibu dan suami sebelum si kecil lahir ke dunia.

Minyak evening primrose

Penggunaan minyak evening primrose banyak diarankan oleh banyak bidan kepada ibu-ibu hamil yang akan menghadapi persalinan. Hal ini dikarenakan minyak evening primprose dianggap dapat membantu rahim menipis dan melebar saat menjelang persalinan. Ibu dapat mengonsumsi minyak evening primrose dalam bentuk kapsul, atau mengoleskannya di rahim Ibu minggu-minggu terakhir menjelang kelahiran. Tapi sebelum itu, pastikan untuk mendiskusikannya pada dokter atau bidan Ibu.

Demikian beberapa tips untuk membantu percepat proses persalinan dengan cara alami. Semoga bermanfaat dan membantu bunda semua.