Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone Berlebihan

Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone Berlebihan – Smartphone sekarang ini bisa dibilang sudah sangat melekat dikehidupan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hampir setiap rumah, sekarang ini sudah memiliki ponsel pintar.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, tetapi penggunaan smartphone secara berlebihan juga akan berdampak buruk. Agar tidak terjadi, simak tips mengatasi kecanduan smartphone berlebihan berikut ini.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Kecanduan Bermain Gadget

  1. Matikan fitur pemberitahuan

Fitur notifikasi atau pemberitahuan pada smartphone memang sangat penting agar kita selalu aktif untuk mengetahui informasi terupdate. Nah agar, bermain ponsel pintar berkurang, matikanlah fitur notifikasi tersebut. Mulailah mematikan fitur notifikasi aplikasi yang sekiranya kurang penting.

  1. Minimalisir penggunaan ponsel

Mengurangi kecanduan bisa juga dilakukan dengan cara tidak sering memainkan smartphone. Ini merupakan langkah tersulit bagi Anda yang sebelumnya sudah aktif bermain gadget. Namun biasanya kebiasaan akan hilang dengan sendirinya setelah 5 hari menerapkannya secara rutin.

  1. Banyak bergaul bersama teman-teman

Bersosial sangatlah penting agar Anda terlepas dari cengkraman si ponsel pintar. Sibukkan diri Anda dengan berbagai macam aktivitas menyenangkan selain bermain smartphone, seperti misalnya hangout bersama teman, belanja, bekerja, dan lain sebagainya. Sehingga bermain gadget bisa dikurangi.

  1. Hapus aplikasi dan permainan

Beberapa aplikasi dan permainan yang cukup menarik, dapat memicu ketergantungan bermain smartphone tersebut. Ada baiknya, cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi yang cukup menarik tersebut. Misalnya game yang baru saja dimainkan dan sejenisnya.

  1. Simpan smartphone di tempat yang jauh

Langkah terakhir adalah menyimpan ponsel tersebut di tempat yang tidak mudah terjangkau. Jika biasanya Anda menyimpan di saku celana, cobalah untuk menyimpaannya kedalam tas atau ransel. Dengan demikian, lama-kelamaan Anda akan lupa dan tidak menggunakan smartphone terlalu sering.

Terapkan beberapa langkah diatas secara konsisten dan penuh kesungguhan. Sekian informasi tips mengatasi kecanduan smartphone berlebihan yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan menjadi solusi masalah yang sedang Anda hadapi. Selamat mencoba, salam.