Makanan Yang Dianjurkan Para Ahli Saat Datang Bulan

Cara Hidup Sehat – Seperti yang sudah di ketahui, datang bulan adalah hal yang wajar dan normal terjadi pada wanita, dan datang bulan yang teratur dapat menandakan tubuh anda dalam kondisi sehat, dan begitupun sebaliknya, datang bulan yang tidak teratur menandakan ada masalah pada diri anda.

walaupun datang bulan adalah hal yang normal, tetapi permasalahannya juga banyak, seperti hal diatas, datang bulan yang tidak teratur, juga permasalahan yang terjadi saat datang bulan, permasalahan inilah yang membuat wanita sangat tidak nyaman ketika datang bulan, dan bahkan bisa membuat tidak nyaman orang di sekitarnya.

hal yang membuat tidak nyaman seperti perut sakit dan kram, tubuh menggemuk, perut membuncit, nafsu makan yang berlebih, dan yang lebih parahnya adalah emosi yang tidak stabil, seperti dapat membuat anda marah atau sedih hanya oleh hal hal yang sepele, tentu nya ini akan tidak nyaman juga bagi orang lain.

lalu adakah cara mengatasinya..??, kabar baiknya beberapa pakar kesehatan sudah meneliti dan menyatakan, bagi anda yang ingin tetap buar, tampil sehat serta terbebas dari gejolak emosi saat datang bulan, anda cukup mengubah pola makan anda, dengan yang akan di jelaskan di bawah ini.

inilah makanan sehat yang sebaiknya di konsumsi ketika anda datang bulan, yang dapat menghilangkan gejala PMS pada diri anda, atau setidaknya akan mengurangi penderitaan anda ketika datang bulan.

  • Fokus pada protein dan serat

ketika datang bulan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi protein rendah lemak beserta serat, atau lebih bagusnya fokuskan pada hal tersebut, sebab mengkonsumsi protein rendah lemak serta serat dapat menjaga gula darah anda tetap normal, sehingga dapat menekan nafsu makan berlebih anda. (disampaikan oleh Jaclyn London, M.S., R.D., pakar diet senior Mount Sinai Hospital di New York City).

  • Sebaiknya dengan porsi kecil.

jaclyn juga menyampaikan, ketika anda datang bulan, sebaiknya mengubah pola makan anda yang biasanya 3 kali sehari menjadi 6 kali sehari, tetapi dengan porsi yang kecil, hal ini bertujuan dapat mengurangi nafsu makan, sebab anda lebih sering ngemil.

selain itu, hal ini juga dapat mengurangi rasa mual dan kram yang terjadi ketika datang bulan, sebab dengan makan dengan porsi kecil dan sering, tubuh anda tidak akan kenyang dan juga lapar yang berlebih, yang merupakan salah satu penyebab kram dan mual ketika datang bulan.

  • Jangan Mengkonsumsi yang manis dan asin.

menurut jaclyn, rasa kembung yang sering terjadi ketika datang bulan, tidak terlepas dari apa yang anda konsumsi, untuk itu sebaiknya hindari makanan atau minuman yang manis serta minuman yang berkarbonasi, karena akan membuat anda merasa kembung, serta jauhi juga makanan yang asin dan bersodium tinggi.

pada saat datang bulan, darah yang banyak keluar dari tubuh anda berpotensi mengakibatkan anda kekurangan zat besi, yang akan berakibat meningkatnya nafsu makan anda, apalagi jika anda mengkonsumsi makanan yang sedikit mengandung zat besi, tentunya akan semakin sering anda ingin makan.

biasanya pada saat datang bulan, tubuh anda akan kehilangan darah sekitar 30 – 80 cc, seandainya darah yang hilang sebanyak 30 cc, artinya anda akan kehilangan 135 juta sel darah merah, dan kehilangan zat besi 30 miligram, sementara jika kehilangan darah 80 cc, maka anda akan kehilangan 360 juta sel darah merah, serta zat besi sebesar 80 miligram.

untuk memenuhi kebutuhan zat besi anda, sebaiknya konsumsi makanan dengan zat besi tinggi, seperti bayam, asparagus, kangkung, tomat, kacang edamame, kentang, hati sapi, kedelai, kacang merah, untuk acuan berdasarkan ilmu kesehatan untuk wanita usia antara 19 – 49 tahun, di perlukan zat besi 26 mg setiap hari.

pada saat datang bulan, wanita akan mengalami letih dan lesu, untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi kopi pada pagi harinya, sehingga dapat meringankan rasa letih dan lesu anda, selain itu, kopi juga dapat meringankan rasa nyeri dan kram pada perut akibat kontraksi rahim.

sebaiknya konsumsi kopi 1 atau 2 cangkir pada pagi harinya, kopi juga mengandung anti oksidan yang dapat menangkal radika bebas, sebaiknya gunakan kopi murni, dan bukan kopi yang sudah memiliki aneka campuran lainnya, dan juga batasi gula pada kopi, untuk manfaat yang lebih baik, konsumsilah kopi murni tanpa gula.

itulah beberapa makanan yang di anjurkan oleh para ahli kesehatan agar di konsumsi ketika datang bulan.

salam sehat.