5 Tips Agar Kopi Darat Tak Kecewa

Berani ajak kopi darat berarti harus berani kecewa. Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Internet memang memudahkan kita untuk mencari kenalan baru. Apalagi untuk mereka yang masih jomblo. Kalau saya boleh analogikan, Internet itu seperti katalog raksasa yang memungkinkan para jomblo untuk lihat-lihat terlebih dahulu sebelum menentukan target yang dituju.

Tapi pada kenyataannya, mendapatkan kekasih melalui internet juga banyak tantangannya.

Tidak jarang perkenalan yang mengesankan berujung pada kekecewaan karena orang yang ditemui tidak sesuai dengan yang diharapkan. Baik dari sisi kepribadian, penampilan, maupun hal-hal lainnya.

Image: Loop.co.id

Nah, untuk menghindari–atau setidaknya mengurangi–kekecewaan ketika kopi darat, berikut lima tips sebelum memutuskan untuk bertemu:

1. Berharap Sewajarnya

Sebelum bertemu biasanya kita suka membayangkan yang indah-indah. Hati berbunga-bunga karena akhirnya kita bisa menemukan seseorang yang bisa membuat bahagia.

Tak ada salahnya memang merasa bahagia. Tapi janganlah kebahagiaan tersebut justru melenakan kita.

Ingat, apa yang kita tahu tentang dirinya hanya berdasarkan teks, foto, suara, video, dan prasangka baik kita terhadap dirinya.

Semuanya masih di awang-awang dan belum nyata. Toh, kalau dipikirkan kembali sebenarnya dia dan kita masih dalam tahap promosi. Menjaga tingkah laku agar semuanya telihat bagus.

2. Tahan Gombalan

Setelah kenal lebih jauh, biasanya para cowok mulai melancarkan gombalan-gombalan manis. Baik berupa pujian ataupun rayuan.

Hati-hati.

Karena gombalan-gombalan tersebut biasanya dilandasi oleh khalayan kita sendiri. Kalaupun ingin menggombal tetap secukupnya saja. Jangan kelewat batas sehingga terdengar mengada-ada.

Sedangkan untuk para cewek, gombalan internet sebaiknya dianggap sebagai angin lalu saja.

Bukan apa-apa, tapi ini untuk melindungi diri kalian sendiri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menunjukkan rasa suka tentu boleh, tapi hindari kesan bahwa kita mau segera untuk jadi kekasihnya. Ingat, kenalan di Internet tidak akan pernah bisa menggantikan pertemuan langsung.

3. Melihat Lebih dari Sekedar Foto/Video

Kehadiran situs seperti Facebook banyak memudahkan para jomblo untuk melakukan “investigasi” awal tentang orang yang akan ditemui.

Para cowok perlu ingat bahwa foto yang terpampang di akun Facebook belum tentu sesuai dengan aslinya. Bahkan bukan tidak mungkin bahwa itu bukan foto dirinya!

Oleh karenanya, jangan mudah terkesima dengan tampilan foto yang memukau bahkan menggoda. Percaya atau tidak, para cewek punya seribu cara untuk membuat dirinya terlihat lebih indah dari aslinya.

Hadirnya jejaring sosial akan memudahkan kita melihat orang yang kita tuju. Adanya foto di situs-situs tersebut merupakan langkah awal apakah kita mau maju atau tidak.

Tidak berbeda dengan cowok, para cewek pun sebaiknya lebih berhati-hati dan jangan terlalu cepat silau dengan foto cowok yang terlihat ganteng atau punya “masa depan”.

Selain itu, para cewek juga sebaiknya tahan godaan untuk mengupload foto-foto yang menunjukkan banyak lekukan tubuh.

Cewek memang suka dibilang seksi, tapi percaya deh, foto-foto tersebut hanya akan menambah subur pikiran kotor para cowok yang melihatnya.

Apakah ini yang kamu harapkan ada di dalam kepala cowok yang akan kamu temui?

4. Jaga Data Pribadi Tetap Pribadi

Tarulah data pribadi kita di jejaring sosial seperlunya.

Tidak perlu terlalu detail sehingga semua orang bisa tahu persis di mana rumah, kantor, kampus, ataupun lokasi di mana kita biasa hang-out.

Karena jejaring sosial merupakan tempat umum, maka informasi yang ditaruh yang umum-umum saja.

Jangan pula sampai memberi nomor HP, kecuali kita benar-benar sudah yakin. Selama kita belum yakin, berikan saja alamat e-mail di situs gratisan seperti Gmail atau Yahoo!

Maksud di sini adalah untuk melindungi diri kita sendiri dari tindakan tidak menyenangkan atau bahkan jahat.

Kalau nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, keamanan kita tetap terjaga dan kita bisa melanjutkan kegiatan sehari-hari dengan lebih tenang.

5. Tetap Realistis

Mendapatkan kenalan yang potensial untuk dijadikan kekasih tentu menyenangkan.

Tapi harap diingat, Internet hanyalah sebuah medium yang menghubungkan kita dengan dirinya. Bukan sebuah medium yang menentukan apakah kita cocok jadi kekasihnya atau tidak.

Jangan mengambil keputusan dulu sebelum melakukan penjajakan di dunia nyata. Kalau sudah siap bertemu, silakan melakukan kopi darat tapi tetaplah realistis.

Kalau memang benar ada kecocokan antara dirinya dengan kita setelah bertemu muka, maka tak ada salahnya untuk menjajaki kemungkinan ke arah yang lebih serius.

Namun jika tidak, maka setidaknya kita sudah berusaha. Tetaplah mencoba, karena siapa tahu di kopi darat berikutnya kita benar-benar akan dipertemukan dengan jodoh kita.

Jadi Kesimpulannya…

Internet memang memudahkan kita untuk mencari kenalan baru. Apalagi untuk mereka yang masih jomblo.

Tapi pada kenyataannya mendapatkan kekasih melalui internet juga banyak tantangannya. Tidak jarang perkenalan yang mengesankan berujung pada kekecewaan, karena setelah bertemu muka, orang yang ditemui tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk mengantisipasinya, kita perlu bersikap sewajarnya terhadap harapan dan khayalan, menjaga ucapan, melihat lebih jauh dari sekedar apa yang terpampang di layar monitor, bersikap hati-hati dengan data pribadi, serta berani menerima kenyataan.

Karena toh pada akhirnya, apa yang kita bisa lakukan hanyalah berusaha.