Batu akik mata kucing yang unik

Batu akik mata kucing– jenis batu akik yang cukup unik karena corak dan motifnya, salah satunya adalah jenis batu akik mata kucing. Batu akik mata kucing yang dikenal di pasar internasional dengan sebutan cat eye ini memiliki cirikas corak mirip dengan mata kucing. Corak mata kucing ini di hasilkan dari serta atau guratan atau warna pada tengah batu yang memiliki warna kontras dari warna dasar batunya, sehingga tampak mengkilap layaknya sorotan mata kucing.

Image: Maxmanroe.com

Keunikan lainnya dari jenis batu akik mata kucing ini adalah efek katoyansa pada corak mata kucing tersebut, warna batu akik mata kucing cukup bervariasi dari kuning, coklat, hijau, merah dan hitam. Jadi yanag membedekan dengan jenis batu akik lainnya yaitu terletak pada guratan melintang tersebut.

Jenis batu akik mata kucing ini di kenal juga dengan sebutan lainnya yaitu batu percodohan, dan jenis batu akik ini banyak di gunakan oleh kaum adam, walaupun sebenarnya batu akik mata kucing ini juga indah untuk di gunakan oleh kaum hawa, seperti di gunakan untuk liontin penghias kalung.

Menurut sejarahnya, konon orang pertama yang memiliki jenis batu akik mata kucing ini adalah Ong Tien seorang wanita putri raja tartar yang datang ke Indonesia untuk menemui sunan gunung jati, dan sejarah ini di kenal sebagai asal mula batu akik mata kucing di nusantara.

Dari jenis penyusun bahan bakunya jenis batu akik mata kucing, termasuk dalam golongan chrysoberyl yang tersusun dari beryllium serta aluminium oksida dengan rumus senyawa Al2(BeO4). Jenis batu akik golongan Chrysoberyl mempunyai tingkat kekerasan 8.5 skala mohs.

Karena keunikan dan tingkat kekerasan yang cukup tinggi, maka tak heran jika jenis batu akik mata kucing masuk dalam kategori batu mulia tingkat tiga setelah jamrud Colombia dan berlian. batu akik mata kucing, merupakan salah satu jenis batu akik yang banyak menjadi buruan para kolektor.

Somoga bahasan kita tentang jenis batu akik mata kucing di atas bisa menambah satu lagi wawasan di bidang batu akik.