Cara Merawat Wiper Mobil Agar Awet

Penyapu air hujan atau sering disebut wiper, merupakan salah satu komponen yang cukup penting dari sebuah kendaraan roda empat. Menurut survey yang dilakukan di Amerika, kecelakaan mobil ketika hujan didominasi sebagian besar karena wiper yang tidak berfungsi dengan baik.

Nah agar tidak terjadi kecelakaan akibat penyapu hujan tersebut, ada baiknya mulai sekarang juga Anda rawat komponen tersebut secara lebih baik. Berikut ini kami sajikan cara merawat wiper mobilagar awet dan tidak mudah rusak.

  1. Periksa bagian karet wiper secara teliti

Biasanya karet wiper yang sudah berumur cukup lama (lebih dari 5 tahunan) akan sangat berpotensi mengalami getas atau retas. Menggunakan karet wiper yang getas dapat membuat kaca mobil Anda tergores. Oleh sebab itu, pastikan selalu ganti karet wiper tersebut apabila mengalami retas atau getas dengan yang baru.

  1. Jangan membersihkan sisi pinggiran karet wiper

Banyak sekali pemilik kendaraan roda empat yang selalu membersihkan bagian sisi pinggir karet wiper. Padahal bagian tersebut mengandung cairan bahan kimia yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet. Sehingga apabila cairan tersebut larut, maka akan membuat karet mudah mengeras.

Ada baiknya saat mencuci mobil, cukup bersihkan pada bagian ujungnya saja. Selain itu, usahakan agar selalu menggunakan lap kanebo basah untuk membersihkan bagian tersebut.

  1. Angkat wiper mobil ketika tidak digunakan

Wiper yang tidak digunakan biasanya akan menampung kotoran dan debu lebih banyak. Hal ini tentu akan mengakibatkan pertumbuhan jamur dan goresan ketika wiper tersebut digunakan kiembali.

Maka dari itu, ketika wiper tidak digunakan lebih baik angkat. Anda bisa membeli stand wiperuntuk mengangkat komponen tersebut ketika tak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana, mudah kan? Seperti itulah cara merawat wiper mobilagar selalu awet dan tidak mudah rusak. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi perawatan komponen mobil Anda, salam.