Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Cara Hidup Sehat – susah tidur pada malam hari atau yang di sebut insomnia memang agak menyusahkan, sebab, untuk mendapatkan kebutuhan tidur setiap harinya, waktu yang bagus adalah pada malam hari, tidur pada malam hari juga merupakan tidur yang berkualitas, sementara akibat insomnia ini sangat sulit untuk dapat tidur pada malam harinya.

efek yang sangat terasa adalah bagi para pekerja, rasa kantuk akan datang pada siang harinya, sehingga membuat pekerjaan menjadi tidak fokus, dan dapat membuat pekerjaan menjadi berantakan, juga dapat menurunkan tingkat kesehatan anda.

ada beberapa cara sederhana yang dapat di lakukan untuk menghilangkan insomnia, cobalah untuk menerapkannya terlebih dahulu, jika masih saja tidak berhasil, sebaiknya hubungi dokter, agar mendapatkan penjelasan, penyebab pasti insomnia anda.

pada hakikatnya pada malam hari justru kita akan susah untuk membuka mata, dan pada siang hari akan susah untuk memejamkan mata, dan menjadi terbalik ketika anda terkena insomnia, ada beberapa hal yang dapat membuat anda susah tidur, atau sering terbangun pada malam hari. diantaranya :

Psikologi – faktor kejiwaan, seperti stres, banyak terjadi permasalahan yang belum terselesaikan membuat anda akan sulit memejamkan mata, sehingga jika sering terjadi, dapat membuat anda selalu sulit tidur untuk seterusnya.

Tempat Tidur – untuk tidur yang berkualitas, perlu kenyamanan ketika anda tidur, dan tempat tidur yang tidak nyaman dapat membuat anda susah tidur atau sering terbangun pada malam hari.

Gaya hidup – gaya hidup seperti sering begadang, terutama bagi kawula muda, dapat membuat anda akan sulit tidur seterusnya, karena tubuh akan mengingat kebiasaan anda yang sering begadang.

Obat Obatan – insomnia juga dapat diakibatkan oleh efek samping dari pamakaian obat obatan tertentu.

itulah beberapa hal yang dapat membuat anda terkena insomnia, dan ada juga beberapa hal yang patut anda coba untuk menghilangkan insomnia.

tidur sebaiknya dalam keadaan lampu di matikan atau dalam keadaan gelap, sebab ada penelitian yang menyebutkan, mematikan lampu dapat membuat tidur anda berkualitas, tentunya anda sendiri juga sudah merasakannya.

tetapi jika anda tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap atau mati lampu, sebaiknya gunakan lampu redup khusus untuk kamar tidur, sebab tidur dalam keadaan terang akan dapat membuat anda tidak nyaman dalam tidur, dan sering terbangun pada malam hari, tentunya kualitas tidur anda menjadi berkurang, apalagi jika anda terkena insomnia, justru akan membuat anda tambah sulit untuk tidur.

berhenti melakukan kegiatan yang biasanya sering anda lakukan ketika hendak tidur, seperti bermain gadget, chating, berinternet, sosial media, hal ini akan membuat tubuh anda berusaha melawan kantuk pada malam harinya.

dalam hal ini juga sebaiknya stop membaca buku ketika akan tidur, memang sebenarnya membaca buku ketika sebelum tidur dapat membuat mata lelah dan tertidur, tetapi hal itu terjadi hanya pada buku yang tidak terlalu menarik bagi anda. jika itu buku seperti novel ,buku cerita dan buku yang membuat anda tertarik, rasa penasaran pada buku tersebut akan membuat tubuh anda melawan kantuk.

kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga akan membuat anda terjaga, dan akan sulit untuk tidur, apalagi jika anda sudah terbiasa minum kopi.

sebaiknya minumlah susu hangat sebelum tidur, apalagi berupa susu coklat, susu hangat akan membuat perut anda nyaman, dan rasa coklat dapat menentramkan hati, sehingga anda akan lebih nyaman untuk tidur.

jika anda menderita insomnia, tentunya akan merasa kantuk ketika siang harinya, usahakan untuk tidak tidur pada siang harinya, jadi ketika malam tiba, tubuh anda akan lelah dan mengantuk, sehingga lebih berpeluang untuk dapat tidur dari pada anda tidur pada siang hari, dan rasa kantuk akan terobati pada siang harinya, tentunya juga akan sulit untuk tidur pada malam harinya.

salah satu penyebab sulit tidur adalah, kurang nyamannya tempat tidur, tidak ada salahnya untuk anda berinvestasi sedikit pada tempat tidur anda, pilihlah kasur dan bantal yang nyaman untuk anda, yang dapat membuat anda terlelap, selain itu, tetap jaga kebersihan tempat tidur anda.

itulah beberapa langkah atau tips mengatasi insomnia, dan jika anda sudah melakukan hal di atas, tetapi masih saja sulit untuk tidur, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencari akar masalahnya, jangan langsung membeli obat tidur, tanpa rekomendasi dokter.

salam sehat.

Tags: