KENALI DAN PAHAMI PENANGGULANGAN PENYAKIT BERBAHAYA TETANUS

Cara hidup sehat – penyakit tetanus adalah penyakit yang berbahaya, yang dapat mengakibatkan kematian, biasanya penderita akan mengalami kejang pada rahang dan bagian tubuh lainnya.

tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri clostridium tetani, bakteri ini sering terdapat pada tanah dan kotoran, serta sangat senang hidup pada luka yang tertutup, biasanya bakteri akan masuk melalui besi yang berkarat, misalnya ketika anda tertusuk paku yang berkarat, maka bakteri yang ada pada paku tersebut akan masuk kedalam tubuh anda.

ketika di dalam tubuh bakteri ini akan memproduksi semacam protein yang bersifat racun bagi tubuh, yang disebut dengan neurotoxin, racun inilah yang akan menyerang sistem saraf dan otot, sehingga dapat menyebabkan kejang, biasanya setelah bakteri masuk kedalam tubuh, gejala penyakit bisa muncul 2 – 50 hari.

gejala awalnya biasanya kekakuan pada otot, terutama otot rahang, dan akan membuat penderita sulit untuk membuka mulutnya, kemudian kekakuan tersebut akan menyebar ke leher, bahu, perut, punggung dan anggota gerak lainnya, juga dapat menimbulkan kejang hingga tak sadarkan diri. tetanus juga biasanya diiringi dengan demam dan keringat yang berlebihan.

tetanus juga terjadi pada anak kecil dan bayi, tetanus ini disebut dengan tetanus neonatorium, tetanus ini juga menimbulkan efek kejang pada anak, hingga dapat menghentikan pernafasan pada anak, sebuah riset menunjukkan angka kematian oleh tetanus sebesar 50 %, yang artinya anak yang pernah terkena tetanus, separuhnya meninggal dunia, sehingga tetanus termasuk penyakit yang paling mematikan di dunia.

penyakit tetanus pada bayi biasanya dapat masuk melalui tali pusar, bakteri akan masuk ketika memotong tali pusar yang tidak menggunakan alat yang steril, untuk mencegahnya ada baiknya memberikan vaksin tetanus pada wanita yang subur atau hamil, agar bayi dan ibunya terhindar dari penyakit tetanus.

sementara pencegahan tatanus selanjutnya adalah dengan menyuntikkan serum anti tetanus bagi yang terkena luka yang berpotensi tetanus, dan serum ini hanya bermanfaat bila di berikan maksimal 8 jam setelah kejadian.

dan biasanya tim medis akan membersihkan luka dengan cara mengiris jaringan disekitar luka, agar kuman tidak tumbuh di dalamnya, hal ini karena kuman sangat suka pada luka yang tertutup dan minim oksigen ke jaringan, maka dari itu, perlu membuat luka tusuk menjadi luka terbuka.

sementara perawatan di rumah sakit, pasien akan di berikan ruang isolasi khusus, sebab penderita tetanus sangat sensitif terhadap rangsangan seperti cahaya dan suara.

untuk pertolongan pertama yang harus ada lakukan ketika anda tertusuk paku misalnya, atau sesuatu yang berkarat, atau yang berpotensi menimbulkan tetanus adalah :

  • tetap tenang, karena dengan ketenangan akan membuat anda lebih jernih dalam bertindak.
  • bersihkan luka tersebut, basuh dengan air bersih, dan keringkan dengan handuk yang juga bersih,
  • jika berdarah banyak, hentikan pendarahan, bisa dengan menggunakan kain kassa.
  • berikan antiseptik untuk luka , seperti betadine atau alkohol 70%
  • tutup luka dengan perban, kemudian segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, biasanya akan di berikan suntik anti tetanus.

itulah penjelasan mengenai berbahayanya penyakit tetanus, dan pertolongan pertama yang di lakukan jika terkena luka yang berpotensi tetanus.

salam sehat.

Tags: