Ada Apa Saja Di Obyek Wisata Candi Dieng

Obyek Wisata Candi Dieng – Tak lengkap rasanya bila berwisata di dieng hanya melihat obyek keindahan alam, di dieng ternyata terdapat candi – candi peninggalan abad kuno yang telah diresmikan oleh Bapak Pariwisata yaitu Bapak Jero Wacik.

Mungkin ada yang beranggapan di dieng hanya menyimpan peninggalan satu atau dua candi saja, tapi nyatanya ada 7 candi dan salah satu yang paling terkenal adalah candi arjuna. Untuk menikmati 7 candi tersebut, anda harus mampir ke kawasan kabupaten baanjarnegara atau ke komplek arjuna.

Bila anda bingung mengenai bagaimana cara pergi ke candi arjuna, dapat menanyakan langsung ke warga sekitar dieng, atau membaca peta sebelum pintu gerbang ke dataran tinggi dieng. Baca selengkapnya Peta Wisata Dieng Plateau

Berikut Ini Suasana Komplek Wisata Candi Dieng

1. Warung Berjejer Dan Parkiran

Suasana setelah memasuki komplek wisata candi dieng, banyak pedagang menjual makanan – makanan murah dan pengisi perut sementara seperti gorengan, jamur, kopi, tempe, cilok dan makanan khas dieng seperti carica juga ada di tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 dan Parkir 5.000 (Roda Dua) Rp 10.000 (Roda Empat)

2. Suasana Perjalanan Dari Parkiran Menuju Ke Candi – Candi

Untuk melihat candi, wisatawan tidak diperbolehkan menaiki kendaraan dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki sepanjang 200 Meter dari parkiran. Namun jangan khawatir, ingat dieng adalah dataran yang penuh perbukitan, jadi hawa di lokasi adalah sejuk dan sepoi – sepoi bila itu musim kemarau, sedangkan bila musim hujan embun dimana – mana dan menambah pemandangan.

Setiap perjalanan, pasti wisatawan akan melihat pohon cemara dan tanaman – tanaman, jadi jangan lewatkan untuk berfoto ya..

Apa Saja Obyek Wisata Candi Dieng ?

Nah, setelah sampai melintasi perjalanan sepanjang 200 meter, anda akan melihat candi – candi, namun ada satu candi yang memiliki deret terdepan, candi apa itu? hehehe

1. Candi Gatotkaca.

Candi gatotkaca adalah obyek candi yang terdepan. Candi yang memiliki ekterior hindu berbentuk kubus dan ramping dan saat ini masih dilestarikan.

2.Obyek Candi Bima

Memiliki keunikan sendiri, bentuknya lonjong ke atas dan besar yang hampir mirip dengan candi Bubhaneswar di india. Bangunan ini sudah berdiri kokoh hingga saat ini dan sudah berumur sekitar 8 abad.

3. Candi Arjuna

Obyek wisata candi yang memadukan dua arsitektur adalah candi arjuna, candi ini memiliki khas kebudayaan hindu yang dipadukan dengan jawa.

4. Candi Semar Dieng

Obyek wisata candi semar, mempunyai nama lain candi perwara. Candi tersebut merupakan candi yang digunakan untuk pertemuan dalam melakukan upacara keagamaan. Ciri khas terletak pada lubang atau ventilasi dan berbentuk persegi panjang.

5. Candi Srikandi Dieng

Merupakan situs yang memiliki icon ukiran dari seorang tokoh terkenal bernama wisnu dan berbentuk kubus.

6. Candi Puntadewa
Merupakan candi yang tidak begitu besar, namun tertinggi diantara candi lainnya.

7. Candi Sembadra Dieng
Obyek wisata candi yang terakhir adalah sembadra, candi ini sangat mungil sekitar 4,75 x 5,5 meter, dan memiliki nuansa aura mistis bila di dekat candi tersebut.

Tags: