Klub Sepakbola Indonesia Tertua

Hobi nonton sepakbola belum tentu paham akan kisah masa lalu dan sejarah klub sepakbola indonesia yang ditonton. Kebanyakan orang hanya menonton dan mendukung saja saat klub nya sedang main baik di kandang atau bertandang. Dengan begitu tingkat dukungan tidak lah bisa 100 persen karena tidak mengetahui masa lalu dan berbagai prestasi kejuaraan nasional yang sudah diraih oleh klub favorit kalian semua. Maka dari itu pada artikel kali ini akan lebih membahas pada klub sepakbola indonesia yang tertua di negeri ini.

Berikut ada 3 tim sepakbola indonesia tertua yang harus kalian baca, siapa tahu salah satunya adalah klub andalan kalian.

Psm makassar merupakan klub tertua yang pernah ada di indonesia. Bayangkan saja, berdirinya klub ini sudah sejak 2 november 1915, tepatnya sekarang berumur 99 tahun, hampir 1 abad usia klub ayam jantan dari timur ini. Dengan berdirinya stadion andi mattalatta menjadikan klub ini semakin besar saja dan bergaung di indonesia. Umur 99 tahun telah membawa berbagai macam juara nasional diantaranya 5 kali memenangkan liga perserikatan serta 1 kali memenangkan liga indonesia pada tahun 1999.

Bagi para laskar pasoepati adalah sebuah kewajiban untuk tahu kisah mendalam dari klub yang didukungnya selama ini. Klub tersebut adalah PERSIS Solo yang adalah tim sepakbola indonesia yang berumur cukup tua. Terbentuk pada tahun 1923, dan umurnya sudah 93 tahun. Hampir sama tua nya dengan PSM Makassar serta hampir 1 abad pula umur klub asal solo tersebut. Stadion manahan adalah saksi bisu perjuangan selama bertahun – tahun klub solo ini sampai bisa menjuarai liga perserikatan sebanyak 7 kali.

Tim sepakbola indonesia yang ketiga yaitu tim dengan julukan mutiara hitam. Ada yang tahu nama klub yang dimaksud?. Benar sekali, nama klub nya adalah persipura jayapura. Itu lah mengapa disebut sebagai mutiara hitam yang berkilau, berharga dan menjadi idam – idaman banyak orang. Lahir pada 1 januari 1925 dan umurnya sudah genap 90 tahun pada 2015 ini. Kejuaraan nasional sudah banyak yang diraihnya, antara lain kejuaraan divisi 1 sebanyak 2 kali, liga super indonesia juara sekali, divisi utama liga indonesia juara sekali serta liga indonesia ISL menang hingga 4 kali.

Bagaimana? Ada kah salah satu dari 3 klub sepakbola indonesia diatas yang menjadi favorit kalian? Tentu ada. Demikian saja informasi yang bisa artikel ini sampaikan dengan cukup panjang lebar. Semoga saja artikel diatas dapat memberikan pengetahuan tambahan tentang nilai sejarah 3 tim diatas beserta serangkaian prestasi yang telah sukses diraihnya.

Tags: