Apakah Orang Dewasa Bisa Memiliki Gigi Susu

Gigi susu adalah set pertama gigi dalam perkembangan pertumbuhan manusia dan mamalia. Mereka berkembang selama tahap perkembangan embrio dan mulai terlihat di mulut ketika bayi dan anak-anak. Gigi susu akan hilang dan digantikan oleh gigi permanen.

Proses penggantian gigi susu dengan gigi gigi permanen disebut exfoliation. Hal ini dapat berlangsung dari usia enam sampai usia dua belas tahun. Pada usia dua belas tahun biasanya hanya ada gigi permanen yang tersisa.

Berikut usia tumbuh gigi susu:

  1. Gigi seri tengah: usia enam sampai dua belas bulan
  2. Gigi seri lateral: usia sembilan sampai enam belas bulan
  3. Gigi taring: usia enam belas sampai dua puluh tiga bulan
  4. Geraham pertama: usia tiga belas sampai sembilan belas bulan
  5. Geraham kedua: usia dua puluh dua bulan sampai tiga puluh tiga bulan

Jadi, orang dewasa tidak lagi memiliki gigi susu, karena semuanya sudah digantikan oleh gigi permanen. Ada empat jenis gigi yang dimiliki oleh orang dewasa. Gigi yang lengkap pada orang dewaswa berjumlah tiga puluh dua gigi. Gigi manusia dewasa menunjuk morfologi yang terutama dibedakan oleh bentiuk permukaan atas gigi mereka (mahkota) dan jumlah akar gigi. Morfologi gigi individu terkait dengan fungsi masing-masing dari jenis gigi itu sendiri (pemotongan, merobek-robek, atau menggiling makanan).

Empat jenis gigi manusia adalah :

1. Gigi seri
Gigi seri adalah delapan gigi depan manusia dengan permukaan datar, untuk memotong dan menggigit makanan.

2. Gigi taring
Gigi taring adalah empat gigi yang sangat kuat dan runcing, untuk mencabik dan memotong- motong makanan.

3. Gigi geraham muka
Gigi geraham muka yang berjumlah delapan ini digunakan untuk mengunyah makanan, ditempatkan lateral dan di belakang gigi taring, dengan permukaan atas datar.

4. Geraham
Gigi yang berjumlah dua belas buah ini adalah salah satu jenis gigi terbesar permanent, digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan sebelum ditelan.

Kunjungilah dokter gigi untuk mendapatkan perawatan mulut dan produk kesehatan gigiyang sesuai untuk Anda. Karena jenis gigi setiap orang berbeda-beda, maka perawatan yang dibutuhkan juga berbeda.

Tags: