Mengenal kualitas batu zamrud

Sebagai seorang penggemar batu permata, pasti salah satu batu permata yang harus kita miliki atau kita buru tentunya adalah batu zamrud. Bagi seorang yang berpengalaman, mungkin tidaklah terlalu sulit untuk memilih dan mendapatkan batu zamrud dengan kualitas tinggi dan terbaik, tetapi bagi kita yang masih baru atau awan, tentu hal ini merupakan salah satu hal yang menyulitkan. Karena batu jamrud merupakan batu permata yang cukup tinggi harganya, maka memilih jenis yang berkualitas adalah keharus, apa saja yang bisa jadikan parameter dalam memilih batu jamrud yang bagus, mari kita simak ulasan berikut .

Image: WahyuMulia.com

Pertama, warna (color).sebagai batu permata berwarna, kualitas batu zamrud sangat di tentukan oleh kualitas warna. Pada batu zamrud berwarna hijau, maka kualitas zamrud akan semakin tinggi tak kala warna batunya semakin hijau. Warna terbaik dari batu ini adalah dengan intens hijau terang dan tidak terlalu gelap atau terlalu pucat.

Kedua, ukuran (size). Karena harga batu permata zamrud di hargai dengan karat, maka semakin besar ukuran akan semakin membuat mahal harga batu ini. Dan biasanya untuk batu zamrud ukuran kecil, batu ini tidak terlalu langka sehingga harganya tidak terlalu tinggi.

Ketiga, bentuk potongan (cut). Bentuk potongan batu zamrud akan memberikan pacncaran warna atau kilau yang berbeda-beda. Pilihlah bentuk potongan batu yang mampu memberikan pancaran kilau warna yang maksimal.

Keempat, kejernihan ( clarity). Batu zamrud memiliki tingkat kejernihan yang berbeda-beda. Kualitas dan harga batu ini sangat di tentukan oleh tingkat kejernihan, hal ini di karenakan batu zamrud memiliki inklusi yang merupakan kelemahan dari batu ini. Sehingga semakin jernih batu zamrud akan semakin tinggi harga dan kualitasnya.

Kelima, perawatan (treatment). Hampir dapat di pastikan, bahwa batu zamrud sebelum di bentuk menjadi batu permata, pasti telah melalui berbagai bentuk pengolahan dan perawatan. Karena tingginya nilai batu ini, maka terkadang batu ini di buat secara sintesis di laboratorium, sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam memilih batu permata zamrud ini.