PERAN KACANG-KACANGAN DALAM POLA HIDUP SEHAT

Dari artikel sebelumnya telah di jelaskan bahwa dalam pola hidup sehat ataupun cara diet sehat menganjurkan untuk memakan kacang-kacangan, banyak orang yang menganggap sepele kacang-kacangan, bahkan ada juga yang takut untuk mengkonsumsinya, dengan alasan dapat menyebabkan kegemukan, jerawat dan lain sebagainya.Untuk penderita alergi terhadap kacang, mungkin memang lebih baik menghindarinya, tetapi untuk orang yang normal, kenapa tidak menambahkan kacang dalam menu keseharian, mungkin bisa sebagai menu utama atau diikut sertakan ketika kita makan atau bisa juga di jadikan cemilan.

Kacang memiliki kandungan gizi dan manfaat yang banyak bagi tubuh seperti menurunkan kolesterol, meningkatkan energi, kaya antioksidan, mencegah kanker, dan banyak manfaat lainnya.

Inilah beberapa manfaat dari kacang-kacangan :

– membantu menurunkan tekanan darah.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan tekanan darah contoh kacang nya adalah kacang hitam dan kacang polong- membuat awet muda

Ada beberapa kacang yang mengandung resveratrol yang cukup tinggi, seperti kacang hitam yang dapat membantu menghambat penuaan dini, mencegah kanker dan melindungi jantung, (resveratrol adalah senyawa polifenol yang terdapat pada beberapa tumbuhan), jadi jika ingin awet muda seringlah mengkonsumsi kacang yang tinggi resveratrol.

mencegah kanker

Seperti yang di jelaskan di atas, reveratrol yang terdapat pada kacang-kacangan dapat berfungsi sebagai pencegah kanker, selain mengkonsumsi nya secara utuh, ekstrak kacang-kacangan juga dapat mencegah penyakit kanker

kaya antioksidan

Antioksidan sangat bermanfaat bagi kita untuk melawan radikal bebas yang merusak tubuh kita seperti kulit, otak dan kekebalan tubuh, contoh kacang yang tinggi antioksidan adalah kacang hijau, dan makanan yang juga mengandung antioksidan seperti delima, teh hijau, kunyit dan blueberry.

menurunkan kolesterol

Seperti yang telah di sebutkan dalam artikel sebelumnya kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga juga menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

menurunkan berat badan

Diet tinggi kacang-kacangan diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, hal ini telah di buktikan oleh penelitian terhadap pria yang mengalami obesitas dan menerapkan diet tinggi kacang-kacangan, hasilnya tidak hanya menurunkan berat badan tetapi juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol mereka, juga meningkatkan energi.

Kacang dan kandungannya

Ini beberapa contoh kacang dengan kandungannya

Kacang pistachio

– kacang ini merupakan sumber antioksidan terbesar dari kacang-kacangan dan juga kaya akan vit

-B dan thiamin, kandungan lemaknya 90% adalah lemak tak jenuh (sehat), juga kaya akan serat.

Kacang mete

– kandungannya adalah zat seng dan tembaga juga mengandung zat besi 2x lipat dari 1 ons daging sapi, setiap porsinya kacang mete memiliki kandungan lemak paling sedikit dari hampir semua kacang lainnya.

Walnut

– kacang yang populer ini mengandung omega-3 yang tinggi, juga mengandung magnesium dan fosfor, dalam penelitian ,walnut berperan penting dalam mengontrol diabetes, pra-diabetes dan sindrom metabolik.

Kacang tanah

– kacang tanah mengandung asam folat yang tinggi, yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir, juga megandung vitamin yang diperlukan tubuh serta juga dapat menstabilkan gula darah.

Kacang kedelai

– yang di maksud adalah kedelai utuh yang di rendam dalam air kemudian di keringkan dan di panggang/dibakar hingga kering, kandungannya adalah 11 gr protein/porsi, juga rendah lemak, serta mengandung vit

-K yang tinggi ,yang berguna untuk penyerapan kalsium.

Kacang almond

– kacang ini banyak mengandung protein, vitamin E, riboflavin, niasin dan juga kalsium, almond bermanfaat untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan juga merupakan makanan prebiotik yang bagus untuk pencernaan.Itulah contoh kandungan kacang-kacangan, dan masih banyak lagi kacang yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, dari penjelasan singkat di atas tentulah kita mengerti tentang pentingnya mengkonsumsi kacang-kacangan untuk hidup sehat.Salam sehat

Tags: