Tata Cara Mengurus Wisata Ke Pulau Seribu Sendiri

Tata cara mengurus wisata ke pulau seribu sangatlah mudah bahkan sendirian pun bisa dilakukan, lantas mengapa wisatawan selalu gagal berkunjung ke tempat rekreasi tersebut ? Jawabnya adalah tidak berani, karena sudah berbeda pulau, nyawa juga menjadi jaminan.

Bila anda takut tersesat, mungkin saya rasa mustahil, karena kita menempuh jalur laut, bukan jalur darat, sedangkan jalur, adanya adalah pemilihan rute yang diantar oleh jasa pengangkutan, jadi pilihlah rute sesuai tujuannya.

Hal Utama Yang Anda Ketahui Sebelum Berangkat Ke Pulau Seribu Sendiri ?

Pulau seribu atau bisa dikenal kepulauan seribu, memiliki jumlah 110 pulau, tapi dari 110 pulau ini, ada satu pulau yang dijadikan sebagai ketua. Pulau apakah itu? Pulau itu adalah pulau pramuka, yang merupakan pulau yang dijadikan objek administrasi dari kepulauan seribu.

Untuk pergi ke pulau pramuka anda harus menyewa jasa penyebrangan yang berangkat pada pukul 7.00, diatasnya jam 7.00 sudah tidak ada lagi, maka dari itu untuk kembali ke dermaga asal harus menunggu keesokan harinya pukul 7.00

Bagaimana Persiapan Mengurus Untuk Wisata Ke Pulau Seribu Sendiri Yang Aman dan Lancar ?

1.Pelajari Perjalanan Menuju Ke Pulau Seribu

Contohnya Untuk sampai ke pulau pramuka, anda harus sampai terlebih dahulu ke dermaga muara angke untuk membeli tiket karcis.

Silahkan anda cari rute di google map atau GPS, berikut ini rute yang saya tahu dari pengalaman :
A.Dari Stasiun Gambir

1.Keluar pelataran timur (tepatnya di Jalan Medan Merdeka Timur) naik metromini 15 setiabudi – senen turun di Senen

2.Lanjutkan dari senen naik Kopami 02 Senen-Muara Karang, abis itu minta supirnya diturunkan di Muara Angke

B. Dari Grogol
Grogol -> Satria Raya -> Gerbang Tol Jelambar -> Tol Dalam Kota -> Interchange Pluit -> Tol Dalam Kota (arah Tanjung Priok) -> Exit Jembatan Tiga -> Jembatan Tiga -> Pluit Putri -> Pluit Indah Raya -> Pluit Karang > Muara Angke.
Cara mudah dari terminal busway grogol, jalan kaki untuk ke area jembatan, dan disana banyak meyewakan cateran angkot merah dengan nomor 001 yang akan langsung diantar ke muara angke. Tapi ingat angkot merah ini tidak dapat di booking sebelumnya dan kapasitas per angkot adalah 15 orang yang dapat disewa dengan harga Rp 75.000/angkot

Setelah Sampai Di Dermaga Muara Angke
Muara angke buka pukul 07.00, ciri dari muara angke adalah bau yang tidak sedap, karena pelabuhan ini memang sangat kotor dan tidak ada petugas kebersihan yang merawatnya. Belilah karcis kapal untuk pergi ke pulau seribu (pulau pramuka) dengan harga Rp 30.000

2. Reservasi Penginapan Di Pulau Pramuka Di Waktu Sebelumnya
Pulau pramuka memang menyediakan banyak tempat tinggal, namun bila hari kurang menguntungkan, villa, kos, homestay sudah penuh, sehingga anda harus berkeliling jauh untuk mencarinya. Namun tak ada salahnya bila melakukan booking 7 hari sebelum pemberangkatan agar aman dan lancar ketika sampai disana.

Untuk nomer handphone revasi penginapan, saya tidak berani menshare, karena ditakutkan pemilik penginapan sudah tidak memakai nomer itu lagi. Harga penginapan untuk Homestay Rp 400.000/per-malam untuk menampung lebih dari 10 orang.

3. Bikinlah Rundown Acara, Apasaja Yang Harus Dilakukan Di Pulau Seribu

Anda dapat melihat lihat objek wisata yang di pulau pramuka dan sekitarnya sebagai referensi.

4. Barang – Barang Yang Perlu di Bawa
Bila anda mempunyai alat menyelam/snorkling lebih baik bawalah, karena disana anda dapat menyelam di dasar lautan, tanpa ada larangan. Bila anda menyewa anda harus merogoh goceng sekian ratusan dan dibatasi jam.

5. Hitung Biaya Perkiraan Wisata Ke Pulau Seribu
Wisata sendiri memang sangat mahal dibandikan wisata dengan rombongan, maka dari itu ajaklah setidaknya 6 – 15 orang, agar biaya menginap dan sebagainya bisa patungan.

Tags: