WASPADA PENYAKIT YANG SERING TERJADI KETIKA PUASA DAN SETELAH LEBARAN

Cara hidup sehat – tidak terasa sudah hampir setengah bulan berpuasa, biasanya selama puasa sering terjadi berbagai penyakit yang memang jadi langganan ketika puasa, begitupun setelah lebaran nanti, banyak penyakit yang memang sering terjadi setelah lebaran.

penyakit penyakit ini biasanya datang dikarenakan gaya atau pola hidup yang berubah, hingga tubuh tidak bisa menyesuaikan dengan cepat, ada juga di sebabkan pola makan yang berlebihan, karena suka cita, seperti hari lebaran.

baca juga

12 manfaat berpuasa bagi kesehatan

terlebih dahulu kita akan sebutkan penyakit yang sering muncul ketika bulan puasa

ini yang paling sering terjadi, walaupun pada hari biasanya BAB nya lancar, mungkin ketika ramadhan menjadi tidak lancar, hal ini sering membuat tidak nyaman, terutama yang biasanya lancar, juga dapat membuat perut kembung.

sembelit biasanya di sebabkan terlalu banyak makan makanan olahan, sedikit minum air, kurang serat, nah makanan seperti itu sering kita makan ketika bulan puasa, agar tidak sembelit selama puasa, sebaiknya hindari makan makanan olahan, mulailah makan yang kaya serat seperti roti gandum, sayur dan buah segar, juga perbanyak minum air putih.

puasa sebenarnya dapat menjaga anda dari penyakit yang berbau pencernaan, tetapi akibat dari tidak peduli terhadap apa yang di makan ketika sahur dan berbuka, maka sering kali asam lambung akan naik.

penyebab terjadinya biasanya adalah sering makan makanan yang berminyak dan pedas pada saat berbuka dan sahur, juga bisa terjadi jika anda langsung tidur setelah sahur, untuk mengatasi ketidak nyamannya anda bisa mengoleskan minyak papermint, atau meninggikan bantal hingga kepala anda lebih tinggi dan dapat mencegah anda dari penyakit maag.

untuk makannya, cobalah untuk tidak makan secara berlebihan, minum banyak air putih, makan makanan yang kaya serat untuk menetralkan asam lambung, dan membuat anda kenyang dengan makan yang tidak berlebihan.

sakit kepala dapat di picu oleh kafein, tembakau, aktifitas yang banyak, kurang tidur, kelaparan dan dehidrasi, ini biasa sering terjadi pada kita yang bekerja, untuk mencegahnya anda dapat mengurangi konsumsi kafein dan tembakau seminggu atau 2 minggu sebelum ramadhan, ketika bulan puasa, juga hindari kafein dan tembakau, serta banyak minum air putih, pastikan anda cukup tidur, anda dapat mengatur ulang jadwal harian anda, agar dapat beristirahat dengan baik ketika malamnya.

gula darah rendah juga sering terjadi ketika berpuasa, terutama ketika ramadhan, yang waktu puasanya lama, beberapa gejala jika terkena gula darah rendah adalah, lemah, lelah, pusing, berkeringat, gemetar, susah berkonsentrasi, jantung berdebar, sakit kepala, dan susah melakukan aktivitas fisik.

mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat olahan tinggi secara berlebihan terutama saat sahur juga akan menimbulkan gula darah rendah, serta juga disebabkan jika tidak makan sahur, jadi lakukanlah makan sahur dengan batas konsumsi karbohidrat yang baik, jangan berlebihan, dan konsumsilah makanan yang mengandung protein, seperti ayam tanpa lemak, telur, dan karbohidrat yang kaya serat seperti roti gandum, serta konsumsi buah buahan dan air yang cukup.

itu adalah beberapa penyakit yang sering terjadi selama puasa, dan ada beberapa penyakit yang juga sering terjadi setelah lebaran.

rasa suka cita yang dirasakan pada waktu lebaran biasanya akan membuat kita lupa akan memperhatikan apa yang di konsumsi, bahkan ada yang seperti balas dendam pada puasa itu sendiri, dengan makan secara berlebihan, tentunya ini tidak baik bukan.?

inilahbeberapa penyakit yang sering terjadi setelah lebaran.

biasanya ini terjadi akibat balas dendam terhadap puasa, serta banyaknya makanan yang kita makan, baik pedas, manis, berminyak, berlemak, dan lainnya, makan seperti ini sulit di hindari, sebab ketika kita bertamu ketempat saudara, disana memiliki makanan yang lain, dan akhirnya makan tanpa memperhatikan perut yang seharusnya sudah tidak perlu di tambah, diare juga bisa di sebabkan oleh kurang higienisnya makanan.

perubahan pola makan sering juga menjadi pemicu naiknya tekanan darah. apalagi setelah puasa sebulan, dan makan yang tidak teratur lagi seperti ketika puasa dapat meningkatkan tekanan darah anda.

maka tidak heran jika kasus tekanan darah tinggi akan melonjak setelah lebaran, untuk mencegahnya cobalah untuk mengurangi makanan berlemak dan juga asin, jika seandainya bisa, cobalah untuk puasa sunat setelah lebaran, bukankah ada sunnah berpuasa setelah lebaran.

  • BATUK DAN RADANG TENGGOROKAN

batuk akan menjadi langganan pada umumnya, pemicunya biasanya berupa makanan berminyak, dan makanan manis, ketika lebaran, makanan inilah yang sering disuguhkan, seperti opor, gule, rendang, dan sirup manis juga kue lebaran. untuk itu, janganlah berlebihan dalam memakannya, agar tidak terkena sakit tenggorokan atau batuk setelah lebaran.

banyaknya makanan manis seperti kue lebaran dan minuman manis juga akan memicu penyakit diabetes, penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang berat, untuk itu, jagalah diri anda dari makan makanan yang manis, jangan berlebihan.

itulah beberapa penyakit yang terjadi selama periode ramadhan, baik ketika ramadhan maupun sesudahnya, yang semua nya terjadi karena pola makan kita, sebaiknya jaga makan anda, agar terhindar dari penyakit diatas.

salam sehat.

Tags: