Cara Merawat Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Cara Merawat Mobil Bekas – Tidak selamanya mobil bekas itu buruk. Beberapa mobil bekas jika dirawat dengan baik malah akan memiliki performa yang lebih bagus dari pada mobil kondisi baru.

Selain hemat dan ekonomis, membeli mobil bekas juga bisa membantu kita mengetahui cara perawatannya. Nah bagi Anda yang memilikinya, simak cara merawat mobil bekasyang baik dan benar berikut ini.

Tips Merawat Mobil Bekas yang Baik dan Benar

  1. Pastikan kondisi semua komponen selalu dalam keadaan baik

Kelemahan dari mobil bekas, biasanya terletak pada bagian komponen. Beberapa komponen seperti pada bagian kaki-kaki terkadang mengalami kerusakan. Mulai dari ban, rem, sil-sil, skok/per, dan lain sebagainya. Agar performanya di jalan semakin baik tanpa gangguan, pastikan komponen-komponen tersebut dalam keadaan prima.

  1. Ganti oli secara berkala

Baik mobil baru ataupun bekas, Anda harus memperhatikan penggantian oli. Kondisi mobil yang olinya sudah buruk atau bahkan habis, cenderung akan mudah mengalami gesekan yang menyebabkan mesin cepat aus. Maka dari itu, gantilah oli secara berkala agar mesin tetap awet dan bertenaga.

  1. Periksa radiator secara rutin

Radiator merupakan komponen yang dapat mendinginkan mesin ketika berkendara. Karena berfungsi sebagai pendingin mesin, secara berkala Anda harus mengganti air yang ada di dalamnya. Selain itu, pastikan pula tangki radiator tidak bocor. Apabila telah terjadi kebocoran segera ditutup.

  1. Mengganti timing beltsecara berkala

Timing belt adalah sebuah sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi ke bagian internal mesin. Biasanya bagian ini akan mudah rusak setelah menempuh jarak sekitar 40.000 km. Oleh sebab itu, lakukanlah tune upbagian tersebut setiap 2 bulan sekali agar memastikan busi, filter, dan oli bahan bakar bekerja dengan baik.

  1. Rawat catnya

Perawatan mobil bekas yang terakhir adalah bagian cat. Usahakan selalu memarkirkan mobil Anda di tempat teduh, hindari air laut, hujan, dan cairan lain agar cat tetap mengkilap. Yang jelas, sayangi mobil bekas Anda seperti layaknya mobil baru.

Demikian informasi cara merawat mobil bekasyang bisa kami sajikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam.

Tags: