Jenis Batu Akik Kuarsa

Mengenal Jenis Batu Akik Kuarsa– Beragam jenis batu akik dengan berbagai karakter warna dan nama yang tersebar di Indonesia sebenarnya terbagi dalam dalam dua golongan besar yaitu jenis batu akik golongan mineral kuarsa dan jenis batu akik golongan silica. Dari kedua golongan jenis batu akik tersebut perbedaanya terletak pada mineral penyusun batu akik tersebut .

Image: HargaBatu.com

Pada kesempatan kali ini kita, kami akan mencoba mengupas salah satu jenis batu akik dari golongan batu kuarsa atau quartz. Jenis batu akik dari meniral kuarsa atau quartz sebenarnya merupakan sebuah batu dengan bahan dasar kiwiami seperti silicon oksida (SO2) dengan tingkat kekerasan yang cukup baik yaitu 7 skala mohs dengan berat jenis antara 2,64 – 2,66.

Jenis batu akik dari meniral kuarsa ini banyak di hasilkan di wilayah Kalimantan dan sumatera. Apa saja golongan jenis batu akik akuarsa tersebut, berikut ulasannya.

Kecubung ungu atau amethyst ,batu akik ini memiliki warna lembayung muda sampai lembayung tua, dalam kelompok kuarsa kecubung ungu adalah jenis batu akik yang bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok jenis batu kuarsa lainnya. Apalagi saat ini jenis batu akik kecubung ungu termasuk jenis langka apalagi permintaan macam batu akik semakin meningkat.

Kecubung kuning atau citrinemerupakan batu akik dengan ciri warna kuning muda hingga kuning keemasan. macam batu akik kecubung kuning memilki nilai yang cukup tinggi tetapi berada di bawah kecubung ungu.

Batu akik bacan dan hijau garutMerupakan jenis batu akik yang sangat terkenal , memiliki ciri utama warna biru hingga hijau. macam batu akik ini memiliki susunan Kristal mikrokristal atau dalam dunia gemology di sebut juga chrysopase chalcedony. batu akik bacan dan hijau garut hampir memiliki kesamaan yang membedakan adalah tempat asal dan sedikit perbedaan susunan kimia akibat keadaan geologis yang berbeda.

Batu akik biru langit atau blue agate.batu akik ini merupakan salah satu batu akik yang sudah langka di Indonesia. Memiiki warna indah biru seperti langit pagi hari serta biru lembayung bagaikan langit malam hari. macam batu akik ini banyak di hasilkan di sumatera selatan khususnya daerah baturaja.

Itulah bahasan sekilas kita tentang jenis batu akik dari golongan kuarsa, semoga sajian tersebut semakin memperkaya wawasan dan pengatahuan kita di bidang batu permata atau batu akik.