Perbedaan Generator dan Genset

Banyak orang yang sudah menggunakan genset atau generator. Namun tahukah anda perbedaan dari keduanya?

Perbedaan genset dan generator sendiri belum banyak diketahui oleh orang karena dianggap kurang lebih sama. Ya memang fungsi dari genset atau generator memang sama yaitu sebagai sumber cadangan atau utama pembuat energi listrik. Banyak orang yang beranggapan bahwa generator merupakan sebuah mesin yang menghasilkan energi listrik besar dari sebuah gerakan jika mesin tersebut digabungkan dengan motor generator. Sedangkan jika mesin yang digabungkan dengan motor biasa dan membutuhkan bahan bakar minyak atau fosil itu dinamakan genset.

Image: QualityPower.com

Namun ada juga yang beranggapan bahwa generator listrik adalah kebalikan dari motor listrik. Dimana generator listrik dan motor akan menggunakannya. Dari pada anda semakin bingung berikut perbedaan dari genset dan generator. Genset merupakan unit kecil yang menghasilkan energi listrik saat diberikan bahan bakar minyak seperti bensin atau solar yang terhubung langsung dengan motor generator. Sedangkan untuk generator hampir sama dengan genset namun memiliki kontrol sendiri sehingga bisa menghasilkan energi yang lebih besar dari pada genset.

Memilih genset ata generator? Sebenarnya semua pilihannya tergantung pada anda dan disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing. untuk digunakan pada rumahan sebaiknya menggunakan genset saja karena lebih efisien dan efektif dan tidak membutuhkan bahan bakar yang banyak pula. Namun genset pun memiliki kemampuan daya yang berbeda-beda jadi anda bisa mengaplikasikannya pada pabrik juga lho. Untuk anda yang memiliki kebutuhan daya tinggi sebaiknya menggunakan generator dan menggunakan bahan bakar solar supaya lebih efisien dalam menghasilkan daya.

Saat ini sudah banyak toko yang menjual genset atau generator, sebelum anda memutuskan untuk membeli sebaiknya konsultasikan dulu kepada ahlinya supaya pemilihan genset atau generator sesuai den tepat dengan kebutuhan anda. Selain itu yang harus anda perhatikan adalah cara perawatan dari genset itu sendiri. Jika anda membeli genset jangan segan untuk menanyakan segala tentang genset supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan anda mampu mengatasinya dengan mudah.

Tags: