10 Gigitan Hewan Paling Kuat di Dunia

Hewan atau margasatwa adalah salah satu mahluk hidup yang ada di Bumi. Mereka diciptakan dengan berbagai macam keahlian dan keunikan masing-masing, Dimana sebagian dari mereka bisa di pelihara dan dirawat di rumah, namun sebaian besar hewan adalah mahluk liar yang tidak dapat di Prediksi tentang pola tingkahnya. Hutan adalah tempat yang indah nan segar dan menjadi Surga bagi seluruh Margasatwa yang ada di Dunia. Mereka sangat menggemaskan namun juga bisa membuat kita takjub. Ini adalah salah satu kekuasaan Tuhan yang harus kita jaga dan kita pelajari.

Image: Boombastis.com

Selain banyak jenis hewan yang sangat lucu, termyata Banyak pula hewan yang sangat berbahaya dan memilki Gigitan yang sangat Kuat. Ini harus menjadi pembelajaran bagi kita semua agar dapat berhati-jika kita bertemu dengan jenis hewan ini. Tahukah Anda apa kekuatan maksimal yang bisa dilakukan oleh gigitan manusia? lebih dari 160 pon per inci (psi). kita mungkin hanya akan merasa sedikit kesakitan atau kulit kita bisa rusak. Namun berbeda dengan Hewan-hewan yang akan kita pelajari sekarang, kekuatan gigitan mereka 10 sampai 20 kali lebih kuat dari pada manusia? Ya, itu memang sebuah fakta yang sudah di buktikan. Lalu hewan apa saja yang termasuk Hewan dengan gigitan paling kuat di Dunia? Daripada penasaran, yuk kita sima sama-sama penjelasannya.

10 GIGITAN HEWAN PALING KUAT DI DUNIA

10. Lion (Kekuatan Gigitan : 650 psi)

Singa adalah spesies hewan dari keluarga falidae atau jenis kucing. Singa merupakan hewan yang hidup secara berkelompok. Biasanya terdiri dari satu jantan dan banyak betina. Kelompok ini menjaga daerah kekuasaanya. Umur singa antara 10 sampai 15 tahun, tapi dalam penangkaran memungkinkan lebih dari 20 tahun. Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan singa jantan lebih santai bersifat menunggu dan meinta jatah dari hasil buruan para betinanya. Singa jantan di percaya lebih unggul dari hewan jenis kucing lainnya. Seperti yang kita tahu, singa dianggap sebagai raja hutan. Dan memiliki gigitan yang sangat kuat. Yaitu mencapai 650 pound per inci (psi).

Singa adalah satu-satunya kucing sosial sejati yang hidup dengan berkelompok. Mereka juga bekerja dalam sebuah kelompok untuk menekan mangsa besar seperti kerbau atau gajah muda. Jadi, untuk hewan sosial semacam itu, yang hidup dan berburu dalam kelompok tidak perlu memiliki kekuatan gigitan yang tinggi untuk hidup. Itulah salah satu alasan utama di balik kekuatan gigitan singa yang sedikit lemah.

9. Harimau (Kekuatan Gigitan: 1050 psi)

Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya. Bahkan lebih besar dari singa. Harimau juga ternyata adalah Hewan tercepat ke 2 di dunia dari jenis Kucing setelah Citah. Harimau Sumantra yang dimilki oleh Indonesia adalah Jenis harimau terkecil, beratnya rata-rata 200- 320 Kg, Sedangkanjenis harimau terbesar di Dunia adalah Harimau Siberia yang memilki Berat hampir 933 Kg. Selain menjadi Hewan yang sangat cepat, harimau juga memiliki Gigitan yang sangat kuat. Yaitu sekitan 1050 psi, kekuatan gigitan harimau hampir dua kali lebih kuat dari pada seekor singa. Tidak seperti singa, harimau adalah hewan soliter. Dia tinggal dan berburu sendiri kecuali saat musim kawin. Ketangkasan dan kekuatan gigitan yang kuat membiarkan harimau menurunkan mangsa besar sendirian. Oleh sebab itu pula harimau lebih sering unggul dalam sebuah pertarungannya dengan Singa.

8. Hyena (Kekuatan Gigitan 1100 psi)

Hyena adalah Pemulung Afrika yang terkenal. Anda mungkin meremehkan hyena sebagai hewan yang hanya memakan sisa hewan lain. Sebenarnya, sebagian besar waktu, mereka menemukan makanan sendiri dengan berburu. Karena Mereka memiliki rahang yang sangat kuat. Kekuatan gigitan mereka diukur pada 1100 psi, yang lebih kuat dari pada singa dan harimau.
Hyena adalah hewan sosial yang hidup dalam kelompok besar yang disebut klan. (kaya di Film Naruto pake klan segala hehe /”klan Uchiha) Dalam kelompok besar, hyenas mencari mangsa besar seperti cape kerbau, rusa kutub atau badak. Gigitan mereka cukup kuat untuk menghancurkan tulang mangsanya. Hyenas yang terlihat juga bisa memakan mangsa mereka secara keseluruhan bahkan tanpa meninggalkan tulang belulangnya sedikitpun.

7. Beruang Grizzly (Kekuatan Gigitan : 1200 psi)

Beruang Grizzly adalah subspesies beruang coklat yang mendiami di Amerika Utara. Spesies beruang besar ini tingginya 7 kaki dan beratnya mencapai 800 lbs. Bukan hanya ukurannya yang besar, beruang grizzly juga memiliki indera penciuman yang tajam, cakar panjang dan rahang yang kuat. Dengan kekuatan gigitan 1200 psi, beruang grizzly bisa dengan mudah menggigit wajan besi, pohon tebal atau tulang belulang.
Tanpa diragukan lagi, beruang grizzly adalah simbol kekuatan. Serangan manusia sangat jarang terjadi. Tapi mereka sangat agresif. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati jika mendekati wilayah mereka. Jika merasa terancam, seekor grizzly pasti akan menyerang dan bisa berakibat fatal.

6. Gorilla (Kekuatan gigitan : 1300 psi)

Berdiri 1,73 m. Tinggi dan beratnya mencapai 352 lbs, gorila adalah yang terbesar dari semua primata. Meski berukuran besar, gorila umumnya lembut dan pemalu. Tapi, selain ukurannya yang besar, gorila juga memiliki rahang yang kuat dan taring tajam yang panjang. Kekuatan gigitan mereka juga diukur pada 1.300 psi. Anda mungkin bertanya mengapa gorila lembut membutuhkan taring tajam seperti itu?

Pertama-tama, gorila adalah jenis hewan pemakan tanaman. Gigi yang kuat berguna Untuk menggiling beberapa makanan sulit seperti kulit atau akar. fakta taring panjangnya adalah hal yang paling ditakutkan oleh semua orang. Gorila juga menggunakan kekuatan tubuhnya untuk menakut-nakuti ancaman yang datang.

5. Jaguar (Kekuatan gigitan : 2000 psi)

Jaguar adalah hewan soliter, hidup dan berburu sendiri. Mereka adalah pemburu yang hebat. daftar makanan mereka meliputi banyak hewan termasuk caiman dan kura-kura. Jaguar menggunakan tengkorak untuk menangkap mangsa. Dengan kata lain, gigitan jaguar cukup kuat untuk menembus tengkorak mangsanya. Bahkan bisa mematahkan cangkang penyu yang kuat.
Jaguar memiliki gigitan terkuat dibanding kucing besar lainnya. Kekuatan gigitannya dihitung pada 200 psi. Itu hampir dua kali lebih kuat dari pada harimau. Bukan hanya itu, Jaguar juga memiliki otot rahang yang sangat kuat.

4. Hippopotamus atau Kuda Nil (Kekuatan gigitan : 1825 psi)

Dengan daya kunyah 1825 psi, Hippopotamus memiliki kekuatan gigitan yang paling kuat daripada mamalia hidup lainnya. Mulut besar kuda nil berisi gigi seri besar dan gigi taring. Taring dan gigi seri ini masing-masing berukuran 1,8 inci dan 1,4 inci. Mereka juga mempertajam giginya dengan menggiling makanan. Kuda nil menggunakan gigi besar mereka untuk bertarung dengan ancaman yang menyerang mereka.
Dengan berat sampai 3968 pound, kuda nil memiliki tampilan gempal. Kaki mereka juga pendek. Meski memiliki fitur fisik ini, kuda nil bisa berlari dengan kecepatan 30 km / jam. Mereka sangat agresif dan sama sekali tidak bisa ditebak. Kuda nil akan menyerang bahkan tanpa ada provokasi. Itulah mengapa kuda nil dianggap sebagai salah satu binatang paling berbahaya di Afrika.

3. American Alligator (Kekuatan gigitan : 2125 psi)

Dengan panjang 11,2 kaki dan berat sampai 1000 lbs, buaya Amerika adalah reptil terbesar di Amerika Utara. Bukan ukuran tapi kekuatan gigitannya membuat American Alligator begitu istimewa. Berkekuatan 2125 psi, ini adalah gigitan hewan haus yang paling kuat di dunia. Dengan rahang yang sangat kuat, aligator Amerika bisa merobek mangsa menjadi beberapa bagian.

Seekor buaya Amerika dewasa memiliki 75-84 gigi. Jika salah satu gigi terangkat, itu akan diganti dengan yang baru. Menurut sebuah penelitian, buaya Amerika bisa berganti 2000 hingga 3000 gigi dalam seumur hidupnya. Meskipun aligator Amerika memiliki rahang yang kuat, otot yang digunakan untuk membuka rahang mereka sangat lemah. Tangan kita mungkin cukup untuk menutup mulut mereka.

2. Buaya air asin (Kekuatan gigitan : 3690 psi)

Buaya air asin memiliki gigitan paling kuat yang pernah diuji . Dalam percobaan yang dilakukan oleh tim National Geographic, kekuatan gigitan buaya Nil diukur pada 3.960 psi. Mulut mereka berisi 40 – 60 gigi besar. Bukan hanya gigi tapi Buaya ini memiliki otot penutup rahang yang besar yang akan memberi kekuatan gigitan yang mengejutkan. Tapi otot untuk membuka rahang sangat lemah dan berbalik dengan dengan giginy tang sangat kuat.
Buaya air asin adalah reptil terbesar di dunia. Ukuran buaya air asin sepenuhnya tumbuh lebih dari 20 kaki dan memiliki berat 2200 lbs. Makanan mereka meliputi ikan, burung, kepiting, kura-kura, monyet dan kerbau. Gigitan kuat itu sendiri yang membantu buaya air asin untuk menangkap mangsa besar seperti kerbau.

1. Nil Crocodile (Kekuatan gigitan : 5000 psi)

Hal ini diyakini sebagai gigitan buaya Nil setinggi 5000 psi. Dalam kasus seperti itu, buaya Nil memiliki gigitan paling kuat daripada makhluk hidup lainnya di dunia. Rahang panjang dan kuat sangat cocok untuk meraih mangsa. Gigi kerucut yang tajam beserta gigitannya yang kuat membuat tidak mungkin melepaskan diri dari mulut seekor buaya Nil. Dengan cara itu seekor buaya Nil bisa menurunkan apapun yang ada dalam jangkauannya.

Buaya Nil adalah reptil terbesar kedua di dunia. Mereka tinggal di sungai, rawa dan rawa-rawa di Afrika Sub-Sahara. Ukuran buaya Nil jantan dewasa mencapai 20 kaki dan berat sampai 1650 lbs. Mereka tidak memiliki predator alami. Buaya Nil adalah jenis hewan yang memiliki jenis makanan seperti ikan, zebra, antelop, burung dan bangkai.

Tags: