Berjalanlah Dengan Benar Sebelum Anda Berlari

Jika anda masih baru dengan dunia trading baik itu trading emas maupun trading forex ibaratnya seperti bayi yang baru lahir yang tidak tahu apa apa tentang seluk beluk dunia trading ini, luangkan waktu anda untuk belajar terlebih dahulu dengan pelan dan bertahap, seprti bayi yang sebelum bisa berlari bayi akan belajar merangkak lalu belajar berjalan sebelum akhirnya sudah lincah dan bisa berlari kesana kemari. 

Tahap belajar bagi anda yang baru saya mengenal trading ini ini cukup penting, ini tidak hanya membantu anda untuk bisa bertahan di bisnis ini tetapi juga akan meningkatkan kemampuan anda sehingga anda bisa menjadi seorang trader yang sukses yang pada akhirnya akan mencapai level yang semua trader harapkan yaitu trading for living.Jadi jangan hanya tergiur oleh peluang keuntungan yang akan anda dapatkan saat terjun di bisnis ini, ingat dunia trading ini sangat liar dan sangat kejam tidak mengenal belas kasihan dan tidak mengenal siapa kawan siapa lawan.

Image: Bingkai Berita.com

Dan saat dalam proses belajar ini jangan pernah takut jatuh, sama halnya anak anak yang belajar berjalan pasti pernah mengalami yang namanya jatuh tapi saat anak anak yang belajar berjalan jatuh apakah anak anak lalu akan berhenti untuk berusaha bisa berjalan ? nggak bukan karena pada akhirnya mereka bisa berjalan bahkan pada akhirnya bisa berlari.

Belajar secara bertahap ini membutuhkan waktu dan sedikit modal serta pembelajaran sebagai seorang trader, dibawah ini beberapa tips untuk proses pembelajaran anda bisa dilakukan dengan cara mudah :

1. Meluangkan waktu anda untuk belajar,

Saya percaya anda termasuk orang yang cepat untuk menyerap ilmu baru dan juga saya yakin background anda termasuk orang yang berpendidikan, meskipun demikian di bidang trading ini anda akan menemui hal hal atau istilah baru yang mungkin baru saat ini anda dengar atau tahu, butuh waktu bagi anda untuk menyerap dan memahami apa yang anda tengah pelajari.

Dan beruntunglah anda saat ini karena dengan kemajuan teknologi, sekarang banyak kita jumpai tempat belajar untuk memperdalam atau mengenal tentang trading baik itu yang online atau bahkan seminar seminar yang banyak diadakan oleh broker broker di tanah air, bahkan saat ini banyak broker broker yang memberikan edukasi tentang trading. Hal ini sangat berbeda dengan jaman dulu dimana internet belum berkembang spt saat ini, dahulu sangat susah kita temui tempat untuk belajar tentang trading baik yang online maupun yang offline, jaman dulu belum ada forum forum tempat para trader bertukar pikiran tentang trading tidak seperti sekarang dimana kalau kita search di google akan banyak kita temukan forum forum tempat para trader bertukar pikiran.

2.Trading Dengan Demo Account

Setelah belajar tentang teori serta tata cara trading, aturan aturannya, istilah istilahnya sekarang saatnya anda mempraktekan pengetahuan anda, dan untuk melatih skill trading anda akan sangat bijak kalau anda memulainya dengan membuka DEMO ACCOUNT terlebih dahulu, platform trading demo account ini hampir sama dengan yang real account hanya bedanya di demo account uang yang digunakan bukan uang sebenarnya tapi hanya uang virtual yang jika anda profit tidak bisa ditarik atau kalau anda loss anda juga tidak kehilangan uang serupiah pun. Manfaat dari demo account ini yaitu melatih skill anda dalam menganalisa pergerakan harga serta untuk lebih mengenal platform trading anda dengan mengenal fungsi fungsi menu yang ada di platform.

3.Trading Dengan Volume Transaksi Yang Kecil

Salah satu faktor yang membuat kita sukses dalam trading ini yaitu faktor psikologi atau mental kita, dan sayangnya untuk melatih mental ini tidak bisa dipelajari di demo account karena di demo account hanya bermanfaat untuk melatih kita menganalisa pergerakan harga. Untuk melatih mental ini anda perlu membuka real account atau trading dengan uang yang nyata.

Biasanya mereka yang trading dengan demo account saat masuk posisi tidak akan ada perasaan kuatir atau takut nanti analisanya salah, karena merasa demo account tidak melibatkan uang yang sebenarnya jadi mau untung atau mau loss nothing to loose, tapi saat sudah melibatkan uang yang sebenarnya maka saat akan masuk posisi kita pasti akan sangat hati hati dan mengumpulkan segenap keberanian dan keyakinan kita untuk masuk pasar. Nah mental seperti ini bagi para pemula akan sangat berperan dan mereka yang saat ini telah menjadi trader yang sukses pasti dalam perjalanannya juga pernah berada di posisi dimana mereka menjadi seorang pemula dan pasti sudah merasakan jatuh bangun di trading ini, tapi mereka tidak putus asa tapi menjadikannya suatu pengalaman dan pelajaran.

Bagi anda para pemula atau yang baru terjun di dunia trading ini, alangkah bijaknya apabila anda saat bertransaksi dengan uang yang sebenarnya memulainya dengan volume transaksi yang kecil jangan terpancing langsung masuk dengan volume yang besar dengan harapan bisa langsung profit dalam jumlah besar.

Dengan masuk posisi dengan volume kecil akan mengurangi resiko anda kehilangan uang dalam jumlah besar, jadi kalaupun anda loss tidak akan membuat anda merasa stress karena telah kehilangan uang dalam jumlah besar. Ingat trading dengan volume kecil ini bagian dari proses belajar dalam melatih mental anda sebelum anda benar benar terjun di medan perang yang sebenarnya.

4. Meluangkan Lebih Banyak Waktu Untuk Trading.

Banyak trader pemula biasanya mempunyai pekerjaan utama selain trading, dan tidak hanya soal pekerjaan utama anda tapi juga anda mempunyai kehidupan yang lain, jadi mungkin anda tidak akan punya banyak waktu untuk fokus di trading.