Mengobati sariawan di mulut

Sariawan merupakan kelainan yang terjadi di mulut berupa luka yang berbentuk seperti bercak putih. Sariawan ini walaupun bentuknya kecil tapi sangat mengganggu, terasa sakit dan nyeri sehingga sering menyebabkan sulit menelan makan dan bisa demam. Sariawan bisa menyerang siapa saja bahkan bayi yang berusia 6 bulan. Sariawan mulut biasa terjadi di gusi, bibir, lidah, rongga atas mulut, maupun pipi bagian dalam.

Penyebab sariawan seringkali akibat kekurangan vitamin C dan B. Penyebab sariawan yang lain adalah karena rongga mulut yang kotor, terjadi luka pada mulut, gusi yang tergigit, pemasangan kawat gigi atau gigi palsu, ataupun karena makanan minuman yang terlalu panas. Selain itu, kondisi mental seperti stres dan kondidi tubuh yang tidak fit juga dapat menjadi penyebab sariawan mulut.

Berbagai penyebab sariawan itu sebenarnya dapat dicegah yakni dengan mengonsumsi cukup vitamin terutama C dan B yang terdapat pada banyak sayur dan buah. Selain itu, menjaga kebersihan mulut, berhati-hati saat makan, dan menjaga kesehatan tubuh secara umum akan mencegah terkena sariawan mulut.

Mengobati sariawan mulut bisa dilakukan dengan menggunakan banyak obat yang telah beredar di pasaran yang biasanya berbentuk salep, bubuk tabur dan tablet. Obat kumur antiseptik juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati sariawan. Berkumur dengan air larutan garam yang hangat bisa untuk mengatasi sariawan mulut. Biasanya jika sariawan mulut sudah parah, sebaiknya mengonsumsi obat antibiotik untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi.

Cara alami mengobati sariawan bisa dilakukan dengan meminum air kelapa dan juga banyak air putih. Air kelapa terutama air kelapa hijau kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik. Daun sirih juga bisa untuk mengobati sariawan mulut. Caranya dengan mengunyah daun sirih sampai hancur di mulut, lalu biarkan beberapa menit di dalam mulut, lalu buang dan berkumur. Minum air daun sirih juga bisa dilakukan. Bahkan bubuk kopi yang dioleskan di tempat sakit bisa mengobati sariawan. Terkadang pengobatan sariawan memang menimbulkan rasa perih tapi hal itu harus dilakukan agar sariawan Anda dapat hilang.