Mulut Sehat Sama Dengan Tubuh Sehat

Selama ini kebanyakan orang menyepelekan masalah kesehatan mulut dan kesehatan gigikarena menganggap bahwa gigi dan mulut merupakan organ luar yang hanya mengalami sakit ringan seperti sariawan, sakit gigi, gusi bengkak atau gigi berlubang. Padahal menurut ahli kesehatan gigi, mulut merupakan pangkal atau pintu masuk berbagai macam penyakit menuju ke seluruh bagian tubuh. Bakteri akan mudah masuk melalui mulut yang tidak sehat menuju organ dalam melalui aliran darah.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Tentunya melalui sebuah proses. Bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah ketika imun tubuh atau kekebalan tubuh melemah. Gusi berdarah bisa menjadi salah satu akses masuk terbaik bagi bakteri ke jantung, paru-paru maupun organ dalam lainnya dan menyebarkan lahirnya bibit penyakit seperti penyebab jantung koroner, kelahiran prematur hingga stroke.

Rajin merawat gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride minimal 2 kali dalam sehari baik pagi hari ketika bangun pagi maupun malam hari sebelum tidur merupakan tindakan antisipasi yang paling tepat untuk menjaga agar tubuh sehat. Merawat gigi dan gusi akan memberikan banyak manfaat bagi Anda, selain membuat gigi kuat dan awet hingga hari tua karena tidak ada yang keropos atau berlubang, juga membantu menjaga organ dalam dari serangan benda asing seperti bakteri, selain itu penampilan fisik terjaga dengan baik dari nafas segar hingga gigi yang tampak putih. Jadi tidak ada ruginya kan merawat gigi Anda, seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, atau pesan kesehatan yang lain, yakni Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tags: