Batu Akik Fairuz Tadulako bakal geser Badar Besi

Batu Akik Fairuz Tadulako bakal geser Badar Besi – jika masyarakat pecinta batu akik selama ini sangat familiar dengan batu badar besi yang memiliki keunikan bisa menempel pada magnet, maka saat ini telah di temukan jenis batu akik baru dari Sulawesi Tengah yang memiliki jenis yang sama dengan badar besi tetapi dengan corak yang khas. Batu ini di temukan di kabupaten Tojo dan Uwekuli di sungai Tojo dan Uwekuli.

Image: BatuCincinAkik.com

Batu akik jenis baru ini dan belum banyak beredar di pasaran ini di beri nama oleh masyarakat setempat dengan nama batu akik Fairuz Tadulako, yang merupakan nama dari seorang tokoh panglima perang dari Sulawesi Tengah. Hal ini di harapkan batu Akik Fairuz Tadulako ini bisa lebih di kenal masyarakat.

Batu Akik Fairuz Tadulako yang memiliki latin Black obsidian ini memiliki tingkat kekerasan sekitar 4,5 skala mohs. Batu ini memiliki keunikan dan daya tarik yang memikat, apalagi setelah di lakukan proses pengolahan menjadi batu cincin atau liontin, maka tak heran jika di prediksi kedepannya, batu akik yang mengandung unsur besi ini akan semakin di cari masyarakat.

Bahkan batu Akik Fairuz Tadulako ini terlebih dahulu di gemari para penghobi akik asal Thailand, tak kurang dari 500 biji batu cincin di eksport ke Bangkok tiap bulannya. Harga jual batu Akik Fairuz Tadulako terbilang cukup tinggi yaitu antara 250 ribu hingga 2 juta rupiah perbatunya, dan permintaan ke Thailand masih terus meningkat.

Kelebihan batu Akik Fairuz Tadulako ini dibandingkan dengan batu akik badar besi adalah keunikan dan corak serta serat-seratnya yang indah pada permukaan batu, sedangkan batu badar besi cenderung berwarna hitam dan tidak maksimal mengkilapnya. Makanya kemungkinan batu Akik Fairuz Tadulako bakal menggeser batu akik badar besi.

Saat ini propinsi Sulawesi Tengah telah di temukan sekitar 23 jenis dan macam batu akik yang berkualitas dan tidak kalah dengan batu-batu akik yang telah dahulu popular, dan saat ini telah 5 jenis batu akik yang disertifikasi oelh laboratorium gem afia group, yaitu batu akik Diorite Variety dengan kekerasan 6,5 skala mohs, batu akik Brown Maeble dengan tingkat kekerasan 3 skala mohs, batu akik Natural Green Opal 6,5 skala mohs, batu akik Gabbro Variety 6,5 skala mohs, dan batu akik Natural White Opal dengan tingkat kekerasan 6,5 skala mohs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *