Cara Alternatif Menghemat Pemakaian Biaya Listrik Industri

Undang-undang terbaru yang mengatur pemakaian dan tarif listrik mungkin akan sedikit membuat sedih hati karena adanya kenaikan biaya listrik hingga 27.5% untuk sektor industri. Kalau sudah begini para pengusaha harus memutar otak mencari jalan supaya pemakaian listrik tetap stabil namun tidak memenuhi anggaran belanja listrik.

Pembengkakan anggaran listrik ini bisa menjadi salah satu hal yang membuat kinerja perusahaan menurun bahkan bisa menjadikan perusahaan gulung tikar. Oleh karena itu Anda sebagai pengelola perusahaan harus mengetahui pemakaian kVAR pada mesin-mesin di perusahaan.

Saat ini juga banyak yang mengeluhkan karena tiba-tiba pemakaian listrik baik di rumah maupun industri mengalami pembengkakan. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai istilah perlistrikan yang bisa membuat anda berhemat listrik.

Energi rekatif (kVA), merupakan sumber listrik arus bolak balik dari generator maupun dari transformer yang mengeluarkan energi.

Energi efektif (kW), energi ini merupakan energi yang dapat diubah menjadi panas, cahaya, gerak, mekanik dan lain sebagainya.

Energi kVAR, merupakan jenis energi yang digunakan untuk sistem elektromagnetik sebagai pembentukan magnet.

Faktor daya (cos phi) dan hubungannya dengan kVA, kW dan kVAR, di dalam kerja mesin genset akan menghasilkan faktor daya jadi tidak harus dari sumber listrik utama.

Berikut merupakan salah satu contoh perhitungan faktor daya:

Suatu pabrik menggunakan cadangan listrik dari 3 generator atau genset yang ketiganya memiliki daya 150kVA yang dipasang secara parallel. Jadi, ketiganya jika menyala bersamaan akan menghasilkan daya 150kVA x 3 = 450kVA. Sedangkan jumlah beban listrik di perusahaan tersbeut sebesar 210kW, setelah di cek ternyata chos phi nya sebesar 0.6. Hal tersebut berarti jika akan menghasilkan daya sebesar 210kW harus disesuaikan dengan cos phi 210kW/0,6 = 350kVA yang berarti ketiga genset tersebut harus digunakan bersamaan. Namun anda bisa mengakalinya dengan cara meningkatkan faktor daya (cos phi), misalnya anda menaikkan cos phinya sebesar 0,95. Jadi 210kW/0,95 = 221kVA. Jadi anda hanya perlu menggunakan 2 genset saja. Bagaimana bisa menghemat anggaran belanja bukan?

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *