7 Kawasan Wisata Dieng Wonosobo Sebagai Alternatif Liburan Terbaik

Kawasan wisata dieng wonosobo merupakan alternatif liburan untuk mengisi waktu weekend yang tepat, pasalnya kawasan ini memberikan kesejukan yang menghipnotis pikiran, kiri kanan anda yang dihuni berbagai tanaman asri serta keindahan dataran telaga yang indah.

Bahkan menurut legenda sangsekerta, dieng memiliki makna yaitu “dataran tinggi yang merupakan tempat tinggal dewa dewi”

Kawasan wisata dieng wonosobo terletak di jawa tengah, rute yang paling mudah bagi yang baru pertama kali pergi ke kawasan dieng adalah dengan berangkat dari kota Wonosobo.

5 Kawasan Wisata Dieng di Wonosobo Yang Sering Dikunjungi

Setelah anda menempuh dari kota Wonosobo ke dieng, ada 5 kawasan wisata yang memang kerap menjadi pilihan wisatawan asing maupun dalam negeri untuk dikunjungi. Berikut ini adalah 7 kawasan wisata dieng :

1.Telaga Warna Dieng

Disebut sebagai telaga warna karena air telaga tersebut memiliki banyak warna. Terkadang ketika anda melihat pukul pagi hari, air telaga tersebut bewarna kuning, namun di siang hari air telaga tersebut menjadi hijau, pink, biru dan pelangi. Hal ini disebabkan karena air telaga dieng mengadung sulfur yang sangat tinggi, dan terpampar sinar matahari.

Air telaga ini dikelilingi oleh bukit – bukit dan pepohonan yang asri sehingga menambah pesona bagi yang pertama melihatnya.

2. Gunung Prahu Dieng

Merupakan kawasan wisata yang terletak di dataran tinggi dieng, yang berbatasan antara kabupaten Kendal dan kabupaten Wonsobo dengan koordinat 7° 11′ 13″ LS, 109° 55′ 22″ BT.. Rumput ruas yang sangat memikat sangat memberikan pesona surga duniawi, maka tak heran kawasan ini menjadi pilihan bagi wisatawan asing.

Selain melihat pesona keindahan surgawi, anda juga akan melihat habitat fauna seperti Owa Jawa, macan Kumbang, Sigung Jawa, Rusa, Elang, namun terkadang wisatawan juga pernah menemui harimau.

3. Bukit Sikunir Dieng

Merupakan sikunir merupakan bukit yang cukup indah bila musim kemarau, selain melihat sunrise, anda juga dapat melihat negeri di atas awan. Bagi anda yang ingin berwisata menantang disilah tempatnya, selain kawasan ini banyak jurang, hawa yang didapat sangat dingin.

Bila anda pertama kali berniat bepergian ke bukit sikunir dieng, alangkah baiknya menyewa jasa pemandu lokal atau tour guide, yang telah ahli dalam mengetahui spot – spot yang aman. Sekali pendakian tour guide mematok harga RP 200.000 sampai 250.000. sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk pendakian berkisar 30-40 menit.

4. Kawah Sikadang

Indah namun bahaya adalah kawah sikadang, merupakan objek kawasan wisata dieng yang satu paket sama wisata Candi Arjuna. Letak lokasi kawah sikadang di daerah kecamatan Batur, Kap. Banjarnegara, Jawa Tengah, bila melanjutkan lokasi dari Candi Arjuna ke kawah sikadang menempuh sekitar 1,5 KM (cukup jauh).

Aroma kawah sikadang dipenuhi sulfur belerang bahkan dari jejauhan, diharapkan pengunjung berhati hati dalam memasuki wilayah ini, jika anda terperosot maka anda akan terpanggang.
Tips ke tempat ini adalah jangan lupa bawa masker dengan aroma wewangian, bagi yang elergi bau belerang.

5. Candi Arjuna

Kawasan wisata yang merupakan peninggalan prasasti kuno di era 890 Masehi, tempat ini dikenal dengan pemujaan Dewa Siwa. Salah satu keindahan candi Arjuna adalah candi tersebut dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

6. Sumur Jalatunda

Kawasan wisata dieng yang satu ini penuh dengan mitos yaitu sumur jalatunda, pasalnya orang yang melempar batu ke sumur ini, doanya akan terkabul. Ciri sumur ini berdiameter 90 meter bewarna hijau lumut. Lokasi sumur ini terletak di kabupaten Banjarnegara.

Untuk menikmati pemandangan dari atas, anda harus mendaki kurang lebih 260 tangga, diharapkan bagi wisatawan tidak memiliki penyakit asam urat atau sejenis sakit pinggang.

7. Telaga Menjer Dieng

Kawasan wisata dieng berupa telaga yang paling banyak dikunjungi kedua adalah telaga menjer. Keindahan sosok bumi, angin, udara, serta lautan tampak disini, anda pun dapat menyewa wahana dari nelayan yang menyewakan perahu kecil.

Di kawasan wisata telaga manjer ini juga, anda diperkenankan untuk memancing, beristirahat di lembah bukit serta makan bersama.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *