7 Wisata Lombok Area Khusus Pegunungan Rinjani

7 Objek wisata lombok area khususnya pegunungan rinjani patut dikunjungi dan dicoba, bagi yang tidak menyukai berwisata di daerah pantai, dan pariwisata local, alternatifnya adalah di daerah pegunungan.

Bagi yang memiliki hobi pendakian, gunung rinjani sangat cocok, karena bukan hanya kawah saja yang dapat anda lihat melainkan desa – desa, air terjun yang sangat berbeda dengan di tempat lain dan sangat unik seperti desa senaru, seperti apakah keunikan desa tersebut?? Yuk simak 7 Kawasa wisata lombok area pegunungan Rinjani

Gunung rinjani adalah gunung yang berada di NTB atau Nusa Tenggara Barat, berada di lombok bagian barat dengan ketinggian 3,726 Mdpl. Gunung rinjani juga mengelilingi 20 desa dan objek wisata lainnya,

Berikut ini 7 tempat wisata lombok area kawasan pegunungan rinjani yang populer :

1.Kawah Gunung Rinjani
Tak semua orang bisa menikmati wisata kawah gunung rinjani, karena pendakian gunung ini sangat lama. Untuk akses ke kawah tersebut diantaranya menggunakan jalur dari desa senaru, torean, sembalun, sajang, dan lainnya. Namun untuk kebanyakan pendaki gunung, menggunakan akses melalui senaru.

Kawah gunung semeru juga memiliki keindahan lain berupa anak kawah atau biasa dikenal dengan istilah jawa “segoro anak”. Namun bagi anda yang tidak repot dalam menentukan akses pendakian, dapat menyewa tour guide.

2. Desa Senaru
Merupakan desa yang dijadikan akses favorit ke kawah rinjani,desa ini memiliki beragam objek wisata dan keanekaragaman budaya serta tak lepas dari kultur tradisional. Sedangkan objek area desa senaru adalah air terjun sendang gile dan tiu kelep yang patut dicoba.

Di desa senaru juga menyediakan tempat menginap seperti homestay tradisional bagi yang mengalami kelelahan setelah menepuh jarak yang amat panjang dari mataram ke senaru.

3. Desa Tetebatu

Tetebaru merupakan desa kecil yang memiliki pemandangan seperti perbukitan terawat dan asri, tetebatu merupakan jalur akses ke gunung rinjani yang berada di lombok tengah, nusa tenggara barat.

Keunikan lain di desa tetebatu juga tampak pada kreasi kerajinan sasak seperti terakota hitam, tak hanya itu di desa ini juga menyimpan keindahan air terjun yang bernama jukut.

4. Desa Sapit
Desa sapit juga memberikan keunikan sendiri seperti desa lainnya, daya tarik pertanian maju tampak di desa ini, tak hanya itu di desa ini juga menyediakan homestay bagi yang ingin menginap sambil menikmati suasana keindahan desa sapit dan melihat proses bagaimana petani mengolah sawah dengan alat tradisional.

di desa ini juga menyimpan objek air terjun belerang bernama Sebau dan di desa ini juga anda dapat melihat peninggalan masjid kuno tradisional khas sasak dari Wetu Telu, yang masih dilestarikan karena dianggap sebagai tempat suci oleh warga sekitar.

Namun pengunjung tidak dapat menggunakan masjid ini untuk beribadah, karena Wetu Telu hanya digunakan untuk ritual minta hujan dan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

5. Desa Kotaraja
Merupakan desa kecil yang letaknya tidak jauh dengan desa Tetebatu. Desa ini memiliki keunikan yang memiliki daya tarik sendiri yaitu pertempuran tongkat peresehan. Peresehan ini biasa digunakan festival tradisional dengan bertanding satu lawan satu dengan satu perisai dan satu tongkat.

6. Desa Sembalun

Wisata lombok desa sembalun hampir mirip dengan Desa Tetebatu, tanahnya yang subur juga tampak pada desa ini, dan desa sembalum merupakan desa penghasil rempah – rempah dan buah terbesar di Nusat Tenggara Barat.

Aktivitasnya pun sama, para wisatawan juga dapat ikut serta membantu petani menanam kentang, bawang , tomat dan sayuran lainnya.

7. Desa Sajang

Desa ini memang terletak sangat dekat dengan desa sambalun, kabupaten lombok timur NTB, keistimewaan desa sajang tampak dari air terjun yang bersih dan air terjun ini dikelola oleh swadaya masyarakat sehingga untuk menikmatinya tidak gratis alias 10.000 ribu untuk tiket masuknya.

Pemandangan saat perjalan ke air terjun tersebut juga tidak kalah, saat perjalanan disuguhkan dengan tanaman serbuk putih yang indah.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *