Tetap Syari dengan Hijab Turban

Saat ini sudah semakin banyak wanita yang menggunakan hijab. Berbagai jenis hijab dikreasikan agar tidak ada lagi kesan “ketinggalan jaman” pada wanita yang menggunakan hijab. Turban merupakan salah satu jenis hijab yang saat ini semakin digemari oleh para hijabers. Turban dianggap simple untuk digunakan sehari-hari. Namun karena turban hanya menutupi kepala dan tidak menutup dada dapat menimbulkan kesan tidak syar’i. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan bila Anda ingin menggunakan turban namun dapat tetap terlihat syar’i dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh .

  • Memakai luaran. Luaran yang dimaksud bisa berupa jaket, rompi ataupun cardigan. Luaran tersebut membantu menyamarkan lekuk tubuh Anda sehingga tidak terlihat dengan jelas. Padukan luaran tersebut dengan model hijab turban agar tetap terlihat modis namun tetap sopan. Pilihlah rompi atau cardigan yang ukurannya agak besar dan tidak memperlihatkan bentuk tangan atau membentuk lekuk tubuh.
  • Memakai syal. Syal dapat digunakan untuk menutupi dada Anda karena turban hanya digunakan untuk menutupi kepala dan tidak menutupi dada. Penggunaan syal membuat penampilan Anda lebih sopan saat menggunakan turban. Pilihlah syal yang tidak terlalu panjang namun lebar sehingga dapat menutup dada Anda. Bila tidak sedang berada pada musim dingin atau di pegunungan, Anda dapat menggunakan syal yang berbahan tipis agar lebih sesuai dengan kondisi.
  • Memakai scarf. Selain menggunakan syal, scarf juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menutupi dada saat menggunakan turban. Lilitkan scarf di leher kemudian lebarkan bagian depannya untuk menutup dada. Anda dapat juga menggunakan scarf dengan bentuk segitiga kemudian diikatkan ke belakang pada leher. Padu padankan dengan jaket agar terlihat lebih rapi dan gunakan warna-warna netral agar tidak terlalu tumpang tindih.
  • Menggunakan sweater. Sweater yang berukuran agak besar dapat Anda padu padankan dengan gaya turban karena sweater tidak menonjolkan lekuk dada dan lekuk tubuh. Sweater dapat digunakan saat musim dingin atau musim penghujan. Tetaplah gunakan manset karena tidak semua sweater rajut menutup sempurna bagian tubuh. Ada baiknya Anda juga menggunakan ciput ninja atau jilbab mini untuk menutup bagian leher Anda yang tidak tertutup turban dan sweater.
  • Memakai blus longgar. Blus longgar adalah salah satu alternative untuk menyembunyikan lekuk dada saat menggunakan turban. Pemilihan bahan atau material blus juga penting untuk diperhatikan, terlebih bagi Anda yang memiliki dada besar. Sebaiknya Anda memilih material bahan blus yang agak kaku dan tebal sehingga tidak menempel pada tubuh. Material bahan blus yang terlalu lemas dan terlalu tipis misalnya bahan chiffon akan menempel pada tubuh sehingga akan tetap memperlihatkan lekuk dada. Pastikan juga ukurannya longgar dan tidak ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *