Awas Kram Kalo Lagi Latihan Fitness

Mungkin hampir setiap orang pernah mengalami kram otot, baik saat sedang berolahraga, duduk di depan komputer maupun tidur di malam hari. Malah nggak jarang, tuh, kita sampai sulit berdiri dan melangkah ketika otot yang mengalami kram terasa nyeri. Supaya rutinitas harian nggak terganggu gara-gara kram, sejumlah tindakan pencegahan pun harus kita lakukan.

Bartahap

Sebelum berolahraga, jangan lupa lakukan sesi pemanasan selama 15 menit. Pemanasan penting karena efektif melancarkan aliran darah sekaligus mencegah penumpukan asam laktat penyebab kram.

Yang juga nggak kalah penting, lakukan gerakan-gerakan inti olahraga secara bertahap dari yang teringan sampai yang terberat. Pendinginan – setelah olahraga – juga wajib kita lakukan untuk melemaskan otot kembali.

Glek … Glek …

Dehidrasi merupakan salah satu pemicu kram otot. Makanya, kita selalu mesti menyempatkan diri untuk minum, tuh, sesibuk apapun kita. Apalagi jika kita lebih sering beraktivitas di luar kantor. Untuk mengganti energi yang hilang, sebaiknya minumlah cairan yang mengandung elektrolit.

Istirahat Yuk!

Siapa bilang duduk di belakang meja akan menghindarkan otot kita dari kram? Faktanya, nih, otot panggul atau jari tangan juga bisa mengalami kram jika kita duduk atau menulis terlalu lama. Menggerakkan jari-jari tangan atau melakukan peregangan otot tiap setengah jam merupakan tindakan efektif untuk mencegah kram!

Hangatkan Otot

Jangan remehkan udara dingin karena dapat menyebabkan otot kram. Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan mekanisme pemanasan tubuh sehingga aliran darah di dalam tubuh pun nggak berjalan lancar. Oleskan balsam atau hangatkan tubuh dengan memakai selimut supaya kita nggak terbangun di tengah malam gara-gara kram!

Jika Telanjur

Meski rasa nyeri akibat kram bisa hilang dengan sendirinya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk percepat proses penyembuhan:

  • Lakukan stretching perlahan-lahan pada otot yang mengalami kram.
  • kompres otot tersebut dengan es untuk mengurangi rasa sakit.
  • Setelah rasa nyeri mereda, oleskan minyak gosok atau balsam pada otot tersebut dan pijat secara perlahan.

Semoga lekas sembuh!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *