Si Bening Menyehatkan

Sebagian besar dari kita pasti sudah sering mendengar anjuran untuk minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Minuman alami ini memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Cek saja!

Pencernaan Sehat

Air putih efektif untuk memperlancar sistem pencernaan kita. Dengan rajin mengonsumsinya, tubuh kita akan terhindar dari masalah pencernaan seperti gangguan maag dan sembelit.

Lebih Bugar

Kita bakal lebih mudah bertahan hidup jika kekurangan makanan dibandingkan air. Soalnya, nih, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia. Tubuh dijamin bakal semakin bugar bila kita meminum cukup air setiap hari.

Mencegah Penyakit

Selain membuat tubuh lebih berenergi, air putih dapat memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker sekaligus menjaga fungsi ginjal. Cairan tubuh yang terlalu sedikit akan meningkatkan risiko kita terkena penyakit batu ginjal dan hati.

Cantik Alami

Salah satu tanda tubuh kekurangan cairan adalah kulit menjadi kering dan berkerut. Dengan kata lain, nih, air putih berfungsi menjaga kekenyalan kulit kita. Selain itu, air putih bisa memperbaiki jaringan kulit serta membuat kuku lebih sehat dan kuat. Kalau nggak mau ‘tua’ mendadak, usahakan, deh, tetap mengonsumsi air putih di sela-sela kesibukan kita!

Bikin Subur

Sebuah lembaga riset di London mengemukakan bahwa air putih dapat meningkatkan kesuburan karena merangsang produksi hormon testosteron pada lelaki dan estrogen pada perempuan. Mandi pagi dengan air dingin juga efektif memproduksi hormon-hormon tersebut, tuh!

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jumlah air yang berkurang dalam tubuh secara otomatis juga membuat fungsi organ tubuh menurun. Hasilnya, tubuh pun lebih rentan terhadap bakteri dan virus. Jika mengalami rasa haus, artinya tubuh kita sudah ‘berteriak’ minta cairan untuk menjaga keseimbangan air yang masuk dan keluar tubuh.

Bikin Kurus

Air membuat metabolisme tubuh lebih lancar sehingga kotoran makin cepat dikeluarkan melalui urine. Minum air hangat sebelum makan juga bisa mengerem nafsu makan kita. Intinya, sih, secara nggak langsung air yang tidak mengandung kalori, gula dan lemak mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Penting untuk Diperhatikan

Kita yang sering berada dalam ruangan ber-AC (berjam-jam setiap hari) dianjurkan untuk minum lebih banyak air putih. Soalnya, nih, temperatur dingin justru membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan membuat kulit tubuh jadi lebih cepat kering!

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *