Cara Jitu Membuat Anak Memiliki Pola Pikir Optimis

Anda sebagai orang tua bisa mempengaruhi pola pikir buah hati Anda tentang dirinya sendiri, dan hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dalam beberapa contoh kasus jika terlihat ada seorang anak yang selalu aktif tersenyum maka itu menandakan dia sangat menikmati hidupnya; dengan kata lain ia merasa nyaman dilingkungan yang ia tinggali. Bisa jadi salah satu faktor yang membuatnya nyaman adalah karena adanya eksistensi Anda sebagai orangtuanya.

Hal ini juga akan menjadikan anak tersebut lebih banyak beraktivitas dibanding anak lain pada umumnya. Dia juga akan menghadapi setiap rintangan dalam keseharian yang bisa menimbulkan rasa gelisah dengan menyibukkan diri dengan aktivitas seperti bermain puzzle, belajar kata-kata baru dan bergaul dengan anak yang lain.

Pandangan positif anak yang aktif terhadap diri dan kemampuannya berpengaruh besar pada mentalnya. Dia merasa sangat yakin bahwa dia akan mampu menghadapi apapun. Selain itu dia akan sangat mencintai diri sendiri yang membuatnya akan mudah bergaul. Rasa optimisnya yang ditimbulkannya akhirnya akan menular pada lingkungan sekitar.

Berikut beberapa tips yang akan mendorong buah hati Anda berpikiran optimis dan menjadikan anda sebagai orangtua yang positif:

Buatlah Dia Merasa Istimewa

Anda dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya dengan menunjukkan rasa ketertarikan Anda terhadap apapun yang dia lakukan, membiarkannya tahu betapa Anda senang dengan kemajuannya dan menghabiskan waktu bersamanya disetiap kesempatan akan membuat dia berpikir bahwa dia merasa istimewa.

Ketika rasa percaya dirinya berkurang karena dia berpikir ‘Seandainya aku bisa lebih baik dari sekarang’, ingatkan dia akan semua sifat positifnya. Misalnya dengan mengatakan padanya bahwa Anda senang bersamanya dan Anda senang saat dia membantu Anda merapikan mainannya.

Karena tidak mudah bagi buah hati Anda untuk tetap bermain ketika menemukan kesulitan (dalam permainannya), bersiaplah untuk selalu membujuknya. Kata-kata semangat dari Anda akan menambah rasa percaya dirinya.

Setiap tantangan bisa jadi tampak mudah bagi Anda (karena Anda adalah orang dewasa dengan banyak pengalaman), tapi tidak bagi buah hati Anda. Dengarkanlah keraguan dalam dirinya, sikapi keraguannya dengan serius dan berikan keyakinan padanya.

Jika memungkinkan, tawarkan ide-ide baru pada buah hati Anda saat dia sedang tidak yakin atas apa yang harus dilakukannya. Anda bukan hanya dituntut untuk memberikan jalan keluar padanya, tapi lebih dari itu anda harus menuntunnya pada satu jalan keluar yang belum pernah terpikirkan olehnya sebelum kejadian tersebut.

Pujilah Usahanya, Bukan Hanya Hasilnya

Sikap optimis buah hati Anda meningkat saat dia merasa bahwa Anda senang atas usahanya, meskipun usahanya itu tidak berhasil. Bangunlah suatu lingkungan yang penuh kasih sayang agar dia tidak takut akan kegagalan.

Membuat anak berpikir optimismerupakan kewajiban setiap orang tua yang menginginkan generasi penerus yang bisa bersaing di kancah global dan itu memang harus dimulai dari rumah Anda sendiri.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *