BAGAIMANA MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN

Hal yang Harus dilakukan dan dihindari untuk Memperlambat Proses Penuaan 

Cara salah dalam memperlakukan kulit ternyata bisa menyebabkan penuaan dini, kendati usia Anda baru 20-an atau awal 30-an. Sering terekspos sinar matahari, asap rokok dan stress misalnya, bisa membuat kulit mulai ‘bertindak tua’ dengan mulainya kehilangan kolagen, cahaya dan elastisitas. Diwajah akan muncul garis-garis dan pori tampak lebih kentara. Jauh lebih mudah mencegah ketimbang memperbaiki kulit yang jadi tua. Berikut hal-hal yang harus dilakukan dan yang harus dihindari untuk memperlambat proses penuaan.

YANG HARUS DILAKUKAN: 

Coba perhatikan kulit perokok. Kemungkinan anda akan menemukan kerut seperti kantong kertas yang kisut. Merokok adalah penyebab kedua terbesar kerusakan kulit sesudah paparan sinar matahari. Nikotin mengerutkan pembuluh-pembuluh darah dan menurunkan oksigen kedalam kulit yang berefek buruk pada kulit. 

GUNAKAN RETINOL SETIAP HARI 

Mengoleskan krim retinoid 1% sesuai resep dokter seperti Retin-Asetiap hari dapat membuat wajah tampak lebih muda beberapa tahun. Pemakaian AHA- alpha hydroxy acids– secara tepat bukan hanya mengangkat sel-sel kulit mati, tapi juga membuat kulit tampak lebih muda dengan mengurangi garis-garis halus. Hindari sinar matahari jika menggunakan retinoidkarena Anda akan ekstra rentan terbakar sinar matahari. Jangan lupa oleskan sunscreen

EKSFOLIASI SEKALI SEMINGGU 

Pilih formula yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Eksfoliatorzat kimia seperti glycocicatau salicylic acid paling baik untuk kulit bermuinyak atau kulit kombinasi. Scrubdidalam microdermabrasivesbekerja paling baik untuk kulit sensitif. 

OLESKAN KRIM MATA SETIAP HARI 

Mata adalah tempat pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Kulit disekitar mata ekstra tipis sehingga harus dilindungi dari sinar matahari dengan krim mata yang mengandung SPF

GUNAKAN ANTIOKSIDAN SECARA ORAL ATAUPUN TOPIKAL 

Untuk mencegah kerusakan radikal-radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, gunakan anti-oksidan oral (diminum) ataupun topikal (dioles). Contoh Anti-oksidan adalah: vitamin C, vitamin E dan vitamain E ataubeta karoten.

YANG HARUS DIHINDARI: 

JANGAN MENARIK DAN MENGGOSOK KULIT 

Kulit menua karena sudah mengalami paparan sinar UV, stres dan karbon monoksida. Jangan tambahkan lagi dengan menarik kulit. 

JANGAN LUPA MENGOLESKAN PELEMBAB 

Pelembab dapat memperbaiki tampilan garis-garis halus dengan secara temporal mengisi kulit. Pilih yang mengandung asam lemak esensial dan hyaluronic acid. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan saat kulit lembab. 

JANGAN ABAIKAN LEHER DAN DADA 

Leher dan dada termasuk bagian yang pertama menunjukkan tanda-tanda penuaan karena mengandung lebih sedikit kelenjar minyak dibanding seluruh bagian tubuh lainnya dan yang paling sering diabaikan. Pilihlah pelembab yang mengandung komposisi pencegah penuaan seperti Vitamin A (retinol), kinetin, copperatau vitamin C. 

JANGAN LUPA OLESKAN TABIR SURYA 

Lindungi kulit dari kerusakan sinar UV pun disaat hujan, mendung atau musim dingin dengan mengoleskan tabir surya – sunscreen. Pilih SPF 30atau lebih.



Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *