Cari Asuransi Mobil Terbaik Ternyata Mudah

Lalainya seorang nasabah saat membaca kontrak asuransi akan berujung pada penyesalan. Untuk itu Anda wajib mengetahui cara tepat memilih asuransi mobil terbaik. Pemegang polis harus teliti melihat hak dan syarat ketentuan yang termuat didalam buku polis.

Ada pepatah mengatakan malu bertanya sesat dijalan. Begitulah pemegang polis yang merasa dirugikan dengan perusahaan asuransi. Punya maksud ingin merencanakan keuangan dengan baik, namun malah merasa tertipu karena nasabah tidak cermat memahami isi polis asuransi mobil.

Memilih Asuransi Mobil Terbaik Ternyata Mudah

Baik dalam memilih asuransi mobil all risk / comprehensive atau total ost only (tlo) ternyata tidak ribet. Langkah pertama yang perlu diperhatikan dari sederetan aturan polis adalah tentu bagaimana fitur yang ditawarkan dan bagaimana prosedur penarikan klaimnya.

Jika Anda sudah membaca dengan teliti isi polis tersebut, pastikan lagi jika ada hal yang belum dimengerti dengan pertanya kepada agen atau pemasar asuransi tersebut.

Untuk lebih memastikan dan tidak ada keraguan, mintalah copy polis asuransi. Copy polis ini diberikan ke pemegang polis dengan berisikan poin-poin tentang syarat dan kesepakatan antara pihak asuransi dengan pemegang polis.

Poin Penting Polis Asuransi Mobil

Jika malas membaca poin demi poin dalam polis asuransi mobil yang diberikan perusahaan. Anda bisa membaca beberapa poin penting beriku ini.

1. Risiko yang dijamin

Pahami secara mendalam apa saja risiko yang ditangguung perusahaan asuransi. Misalnya dalam asuransi mobil ACA memiliki bengkel resmi, fitur mobil derek, dan fitur-fitur keunggulan lainnya.

2. Pengecualian

Setelah memahami risiko yag ditanggung, sekarang pahami juga rincian mengenai risiko pengecualian atau risiko yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh: asuransi tersebut tidak menjamin kerusakan akibat banjir dan bencana alam lainnya,

3. Prosedur Klaim

Untuk poin ini sebaiknya Anda bertanya langsung kepada agen asuransi yang bersangkutan, sebab tiap perusahaan memiliki prosedur klaim masing-masing.

Tanyakan berapa lama waktu pelaporan klaim setelah kejadian. Kemudian apa saja dokumen yang dilengkapi saat pengajan tersebut. Beberapa perusahaan asuransi juga sudah bisa memproses klaim melalui layanan online atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Asuransi Online Lebih Praktis

Meskipun polis asuransi memiliki kriteria yang sama, namun untuk asuransi berbasis online nasabah perlu lebih aktif dalam mencermati polis. Sebab di asuransi online tidak ada tatap muka antara agen dan nasabah, meskipun tidak dilarang bagi calon pemegang polis untuk bisa bertemu dengan agen pemasaran asuransi onlne terkait.

Biasanya asuransi online memiliki customer service yang lebih pro aktif dalam menyampaikan polis asuransi. Hal ini agar pihak nasabah tidak merasa dirugikan nantinya saat memilih produk asuransi yang ditawarkan. Agen asuransi online juga biasanya lebih fleksibel. Anda bisa berkomunikasi melalui fasilias chatting yang berada pada website perusahaan tersebut yang siap membantu selama jam kerja.

Pada dasarnya perbedaan antara asuransi online dan offline cuma saat membeli premi. Oleh karena itu poin penting yang perlu dicermati dalam polis asuransi mobil online sama saja dengan polis asuransi mobil konvensional.

Untuk urusan klaim perusahaan asuransi online juga lebih mudah. Artinya segala sesuatunya bisa dibikin simpel tanpa perlu repot-repot kekantor cabang. Biasanya dalam asuransi mobil pihak asuransi mobil online cukup meminta bukti terkini mobil Anda serta surat keterangan kepolisian yang bisa dikirim melalui email.

Namun jangan lupa juga untuk calon pemegan polis agar meminta tanda bukti setelah membayar preminya. Minta pula e-polis setelah pembayaran tersebut selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *